Vaksinasi PMK Ternak di Rembang Dilaksanakan Pekan Depan

Muhkammad Fadlil - detikJateng
Kamis, 16 Jun 2022 09:33 WIB
Ilustrasi hewan ternak.
Ilustrasi hewan ternak. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)
Rembang -

Pemerintah Kabupaten Rembang akan melaksanakan vaksinasi virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada pekan depan. Sapi yang akan divaksin yakni yang dalam kondisi sehat dan belum pernah terpapar PMK.

"Vaksinasi PMK memang sudah ada seperti yang di Jawa Timur, di Sidoarjo sudah. Di Rembang paling cepat diupayakan Minggu (pekan) depan. Jumat (17/6) besok kami akan koordinasi dengan (Pemerintah) pusat," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Rembang, Agus Iwan Haswanto, saat dihubungi detikJateng, Rabu (15/6/2022).

"Sasaran penerima vaksin yaitu ternak sapi kondisi sehat, yang belum bergejala PMK," terangnya.


Agus menjelaskan, vaksinasi PMK akan diberikan sebanyak dua dosis atau dua kali suntikan. Namun suntikan untuk vaksin dosis kedua akan dilaksanakan pada enam bulan setelah suntikan vaksin pertama.

Sementara itu, angka penyebaran kasus penyakit PMK di Kabupaten Rembang kian meruyak. Berdasarkan catatan Dintanpan Rembang per Selasa (14/6) kemarin sapi yang terjangkit PMK sudah sebanyak 2.800 ekor. Padahal pada Senin (13/6) lalu angkanya baru mencapai 2.524 ekor.

Dari total angka kasus PMK per Selasa kemarin, ada sebanyak 567 ekor sapi yang sudah sembuh, tujuh ekor mati dan 30 ekor dijagalkan. Sehingga masih ada 2.196 sapi di Rembang yang masih dijangkiti penyakit PMK.



Simak Video "Cegah PMK Makin Meluas, Pemkab Lumajang Tutup Sementara 5 Pasar Hewan"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/mbr)