Kronologi Eks Bupati Busel Diturunkan dari Pesawat gegara Bercanda Bawa Bom

Tim detikSulsel - detikJateng
Selasa, 14 Jun 2022 18:20 WIB
Ilustrasi pesawat dan bandara
Ilustrasi pesawat di bandara. Foto: AP II
Solo -

Gara-gara bercanda soal bom, eks Bupati Buton Selatan (Busel) La Ode Arusani diturunkan dari pesawat di Bandara Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Saat itu dia hendak melakukan perjalanan menuju Bandara Makassar.

Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo menjelaskan bahwa pada saat itu Arusani sedang berbincang dengan penumpang lain yang merupakan seorang legislator. Hanya saja Erwin tidak menjelaskan identitas legislator tersebut.

Dalam perbincangan tersebut legislator itu menanyakan soal tas yang dibawa oleh Arusani dalam perjalanan itu.


"Anggota dewan itu (mengatakan), Pak Arusani kok bawa tas berat sekali, (Arusani jawab) ya ini isinya bom," kata Erwin seperti dikutip dari detikSulsel, Selasa (14/6/2022).

Rupanya, candaan itu didengar oleh salah satu pramugara yang bertugas di pesawat itu. Kemudian, para petugas di maskapai itu mengambil sikap dengan menurunkan Arusani di bandara.

Selanjutnya, dia sempat dibawa ke kantor polsek setempat. Di tempat tersebut dia bertemu dengan perwakilan dari maskapai.

Persoalan itu akhirnya diselesaikan dengan pembuatan surat pernyataan dari La Ode yang mengakui kesalahannya dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

"Dari pihak maskapai baik, akhirnya Pak Arusani membuat pernyataan di Polsek Murhum," kata Erwin.



Simak Video "Tradisi Pakande-kande, Budaya Menyambut Para Laskar Kesultanan Buton dari Medan Perang, Baubau"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/aku)