Melengkung Gegara Kebakaran, Jembatan Juwana Akan Segera Dibongkar

Dian Utoro Aji - detikJateng
Jumat, 27 Mei 2022 16:35 WIB
Suasana pasca-kebakaran bangunan liar di bawah Jembatan Juwana, Pati, Selasa (24/5/2022).
Suasana pasca-kebakaran bangunan liar di bawah Jembatan Juwana, Pati, Selasa (24/5/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng
Pati -

Jembatan Juwana di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, akan segera dibongkar karena kondisinya yang melengkung setelah sejumlah bangunan liar di bawahnya terbakar pada Minggu (22/5) lalu.

"Target kami Senin (30/5) semua sudah selesai (perbaikan jalan alternatif), termasuk pekerjaan Jembatan Juwana selatan," kata CM PT Baja Titian Utama Jawa Tengah, Fatoni, saat ditemui wartawan di ruang Joyo Kusumo Setda Pati, Jumat (27/5/2022).

Fatoni mengatakan, kondisi Jembatan Juwana saat ini kondisinya tidak layak karena terdampak dari kebakaran bangunan liar itu. Dia khawatir jembatan itu bakal roboh jika dipaksakan untuk dilalui kendaraan.


"Bagaimana pun kondisi jembatan ini sudah kritis yang terbakar kemarin. Artinya, misalkan kita tidak tahu, masyarakat nunggui, nyelonong dan sebagainya, kalau kecolongan nanti kita yang disalahkan," ujar dia.

"Makanya berusaha secepat mungkin untuk melakukan pembongkaran jembatan," imbuh Fatoni.

Dari hasil pemeriksaan, Fatoni menerangkan, jembatan penghubung Pantura Pati-Rembang ini melengkung karena baja bagian bawahnya sudah tidak sesuai dengan kontruksi semula.

"Jadi ada beberapa komponen baja melengkung, di bawah itu semua. Terus ada deformasi, ini jembatan melengkung ke atas, mestinya ini sudah ke bawah mestinya, ini sudah berkurang sangat banyak. Lebih baik segera dibongkar," terangnya.

Tidak hanya itu, jembatan yang disebut termasuk jenis Callender Hamilton atau CH itu usianya sudah sekitar 50 tahun. "Jadi secara struktur sudah tidak kuat dan berkurang. Sedangkan perkembangan lalu lintas luar biasa," jelas Fatoni.

Sementara itu, Bupati Haryanto meminta agar jalan alternatif diperbaiki dulu sebelum Jembatan Juwana dibongkar. "Kita memastikan, sebelum dibongkar jangan sampai nanti jalur alternatif yang dibuat ini menimbulkan kemacetan, kata Haryanto.

"Kemudian ada jalur-jalur Bumirejo kita alihkan ke SMK Diponegoro, nanti yang Bumirejo keluar kita tutup karena itu arus lalu lintas macet," sambung dia.

Haryanto belum memastikan jika tanggal 4 Juni 2022 Jembatan Juwana sudah dibongkar.

"Nanti kami akan cek di lapangan. Kita ingin pembangunan jembatan berjalan baik, kemudian bikin alternatif tidak bikin macet. Saat ini proses pembongkaran trotoar, kemudian pelebaran jalur wilayah Jembatan Selatan itu," terang Haryanto.



Simak Video "Dua Desa di Pati Diterjang Banjir Bandang, Begini Kondisinya"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/mbr)