Round-Up

Fakta-fakta Kecelakaan Maut Truk Trailer di Boyolali

Tim detikJateng - detikJateng
Rabu, 18 Mei 2022 06:13 WIB
Kecelakaan dua truk di Boyolali, Selasa (17/5/2022).
Kecelakaan dua truk di Boyolali, Selasa (17/5/2022). Foto: Jarmaji/detikJateng
Solo -

Bapak dan anak yang bekerja sebagai sopir dan kernet truk trailer pengangkut kontainer asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Satuman (46) dan Agung Susatyo (18), tewas akibat kecelakaan di Jalan Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, kemarin sekitar pukul 04.30 WIB.

Menurut saksi, Suparno, truk kontainer berpelat nomor L 8014 UJ yang ditumpangi bapak dan anak itu melaju dari timur dalam kondisi oleng sampai melompati median atau pembatas tengah jalan. Akibatnya, truk itu bertabrakan dengan truk trailer boks bermuatan rokok dari barat.

Suparno mengatakan, kepala atau kabin truk trailer berisi bapak dan anak itu ringsek hingga terlepas. "Dua korban meninggal. Yang satu terpental sekitar lima meter, yang satu masih di kabin," kata pemilik warung angkringan di tepi jalan itu, Selasa (17/5/2022) kemarin.

Sedangkan sopir dan kernet truk trailer boks berpelat nomor AG 8842 AH, Eko Wahyudi (43) dan Muhammad Imron (28), keduanya warga Kabupaten Kediri, Jawa Timur, selamat.

Dua truk trailer bertabrakan di Jalan Solo-Semarang, tepatnya sebelah timur SPBU Teras, Boyolali. Saksi mata menyebut 2 orang tewas akibat kecelakaan maut itu.Dua truk trailer bertabrakan di Jalan Solo-Semarang, tepatnya sebelah timur SPBU Teras, Boyolali. Saksi mata menyebut 2 orang tewas akibat kecelakaan maut itu. Foto: Jarmaji/detikcom

"Saya jalan nggak begitu kencang," kata Eko Wahyudi di lokasi, Selasa (17/5). Meski demikian, Eko tidak sempat menghindar ketika truk kontainer dari lawan arah itu tiba-tiba menerabas median jalan dan masuk ke jalurnya. "Kejadiannya begitu cepat, melompat (median)," ujar dia.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Boyolali, Ipda Budi Purnomo, masih menyelidiki penyebab kecelakaan itu. "Dugaan sementara karena sopir truk trailer yang dari arah timur mengantuk," kata Budi, Selasa (17/5).

Kecelakaan itu menyebabkan arus lalu lintas tersendat berjam-jam. Tiga lajur jalan tertutup oleh dua truk tersebut, Sehingga tinggal satu lajur jalan yang bisa dilalui kendaraan dari dua arah berlawanan. Sementara polisi melakukan olah TKP, pada satu lajur yang tersisa itu diberlakukan sistem buka-tutup untuk bergantian.

Olah TKP dan evakuasi dua truk itu selesai pukul 12.30 WIB. Arus lalu lintas pun kembali normal. Adapun jenazah kedua korban diantar menggunakan ambulans dari RSUD Pandan Arang Boyolali ke rumahnya di Dukuh Mojodadi RT 02/01, Desa Plemahan, Sumobito, Jombang.

"Ini kami urus kepulangannya dan nanti akan langsung dimakamkan," kata kerabat korban, Sumin di RSUD Pandan Arang. Ambulans berangkat pukul 15.20 WIB. Lewat jalan tol, ambulans diperkirakan tiba di Jombang sekitar pukul 20.00 WIB.

Lokasi dua truk trailer kecelakaan di Boyolali, Selasa (17/5/2022).Lokasi dua truk trailer kecelakaan di Boyolali, Selasa (17/5/2022). Foto: Jarmaji/detikJateng


Simak Video "Truk Terguling di Tol Boyolali Berhasil Dievakuasi, Arus Lalin Normal Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)