Selasa Pon 17 Mei 2022: Berpengaruh hingga Banyak yang Segan

Tim detikJateng - detikJateng
Selasa, 17 Mei 2022 09:12 WIB
Happy new year 2022 concept.Close up Calendar 2022 schedule with cup of coffee and blank note for to do list on wooden desk.Starting the new year and planning for the future
Ilustrasi kalender. (Foto: Getty Images/iStockphoto/pcess609)
Solo -

Hari ini, Selasa (17/5/2022) bertemu dengan pasaran Pon. Dalam penanggalan Jawa, hari ini juga bertepatan dengan 15 Sawal 1955, berada di Tahun Alip, Windu Sancaya dan Wuku Warigagung.

Weton (hari kelahiran) Selasa Pon memiliki neptu 10. Wataknya ramah, manis budi bahasanya, hati-hati dan waspada. Berpengaruh sehingga banyak yang segan. Bersikap baik sekali terhadap orang lain yang disukainya, tapi senang kemewahan, hatinya keras dan pencemburu.

Pangarasan pada weton ini adalah Aras Pepet. Wataknya sering prihatin, cenderung hidup menderita dan serba kekurangan, yang diinginkan sulit tercapai. Sedangkan Pancasuda, Satriya Wibawa Artinya, dihormati orang karena kemuliaan dan keluhurannya.

Wuku Warigagung, lambang Dewanya Bathara Mahayêkti, semasa hidupnya menanggung beban yang berat. Gedhongnya di depan dan belakang, sifatnya di depan tampak rela, tetapi di belakang kurang ikhlas. Pohonnya cemara, banyak bicara serta enak di dengar pembicaraannya, lagi pula dipercaya perkataannya. Sifatnya keras, pandai mencari nafkah. Umbul-umbul ada di belakang, kebahagiaannya belakangan atau jika sudah tua.

Bahayanya jika difitnah oleh sanak saudaranya. Kala ada di Utara, selama tujuh hari di wuku tersebut jangan pergi ke arah Utara untuk urusan yang sangat penting.

Pada hari Selasa Pon di Wuku ini selamat untuk melakukan aktivitas penting, untuk membuat sumur berpotensi banyak airnya.

Oleh Ki Totok Yasmiran, ahli penanggalan Jawa dari Museum Radya Pustaka Solo



Simak Video "Polisi Ciduk Pria Ngaku Anggota Brimob Tipu Janda di Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)