Penanggalan Jawa

Senin Pahing 16 Mei 2022: Hari Baik untuk Belanja dan Bepergian

Tim detikJateng - detikJateng
Senin, 16 Mei 2022 07:04 WIB
Happy two girls holding bunch of shopping bags
Ilustrasi belanja (Foto: iStock)
Solo -

Hari ini, Senin (16/5/2022) bertemu dengan pasaran Pahing. Dalam penanggalan Jawa, hari ini juga bertepatan dengan 14 Sawal 1955, berada di Tahun Alip, Windu Sancaya dan Wuku Warigagung.

Weton (hari kelahiran) Senin Pahing memiliki neptu 13. Pada umumnya, pemilik weton baik hati, jujur, ringan tangan atau suka menolong. Namun kadang juga keras.

Pangarasan pada weton ini adalah Lakuning Lintang, sifat positifnya memberikan arah dan suri teladan bagi siapa saja. Akan tetapi kadang-kadang cenderung tidak menetap, misalnya dalam hal pekerjaan, tempat tinggal, dan lain-lain. Sedangkan pancasuda weton ini adalah Bumi Kapetak, orang berweton ini bertipe pekerja keras, kuat menahan kekecewaan dan penderitaan, suka kerapian dan kebersihan. Namun memiliki sifat negatif yakni pendendam. Selain itu kebaikannya tidak terlihat orang lain.


Wuku Warigagung, lambang dewanya Bathara Mahayêkti, semasa hidupnya menanggung beban yang berat. Gedhongnya di depan dan belakang, sifatnya di depan tampak rela, tetapi di belakang kurang ikhlas.

Pohonya cemara, banyak bicara serta enak didengar pembicaraannya, lagi pula dipercaya perkataannya. Sifatnya keras, pandai mencari nafkah. Umbul-umbul ada di belakang, kebahagiaannya belakangan atau jika sudah tua.

Bahayanya jika difitnah oleh sanak saudaranya. Kala ada di utara, selama tujuh hari di wuku tersebut jangan pergi ke arah utara untuk urusan yang sangat penting.

Pada hari Senin Pahing di wuku ini ini adalah hari yang baik untuk berbelanja, bepergian, dan merobohkan bangunan rumah untuk direnovasi.

Oleh Ki Totok Yasmiran, ahli penanggalan Jawa dari Museum Radya Pustaka Solo



Simak Video "Polisi Ciduk Pria Ngaku Anggota Brimob Tipu Janda di Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ams)