Pantau Kirab Waisak Sambil Gowes, Ganjar: Semoga Semua Berbahagia

Eko Susanto - detikJateng
Senin, 16 Mei 2022 11:29 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sambil bersepeda melihat prosesi kirab di kawasan Candi Mendut, Kabupaten Magelang, Senin (16/5/2022).
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sambil bersepeda melihat prosesi kirab di kawasan Candi Mendut, Kabupaten Magelang, Senin (16/5/2022). (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Kab Magelang -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersepeda sembari memantau prosesi kirab di Candi Mendut sampai Borobudur, hari ini. Orang nomor satu di Jawa Tengah itu mengapresiasi perayaan Waisak yang berlangsung meriah dan tertib.

Pantauan detikJateng, Ganjar bersepeda bersama istrinya, Siti Atiqoh. Saat bersepeda Ganjar tampak sesekali menyapa warga.

"Saya melihat kemeriahannya. Sengaja pagi ini sepedaan melihat persiapan mereka dan ternyata berjalan dengan baik meskipun dengan pembatasan karena hanya 1.200 (peserta), tapi alhamdulillah semua bisa tertib," kata Ganjar kepada wartawan saat ditemui di sekitar Taman Rekreasi Mendut, Senin (16/5/2022).

Ganjar mengungkap, panitia sempat menginginkan perayaan digelar lebih besar dengan mengundang tamu dari mancanegara. Namun pembatasan tetap dilakukan karena kondisi pandemi yang belum benar-benar pulih.

"Saya mewakili warga Jawa Tengah mengucapkan selamat Waisak. Panitia kemarin menyampaikan pingin lebih besar lagi dan mengundang dari banyak negara. Tapi karena situasinya belum pulih betul, oke jumlahnya bertambah, tapi tetap dibatasi," tutur Ganjar.

Ganjar mengaku sengaja memantau menggunakan sepeda sembari berolahraga usai kemarin berkegiatan di Jogja. Politikus PDIP itu mengapresiasi antuasiasme masyarakat yang cukup tinggi.

"Kebetulan kemarin ada acara di Jogja dan acara puncaknya kan nanti malam. Maka tadi pagi sambil olahraga melihat persiapannya. Karena hari ini memang ada karnaval sambil melihat saja suasananya. Ternyata antusias masyarakat juga luar biasa. Semoga semua berbahagia," pungkasnya.



Simak Video "Air Berkah dari Umbul Jumprit Temanggung Siap Dibawa ke Candi Mendut"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ahr)