Kalahkan Pemain Dunia, Bilqis Prasista Mewarisi Gaya Ayah-Ibunya

Dian Utoro Aji - detikJateng
Rabu, 11 Mei 2022 16:10 WIB
Bilqis Prasista di Uber Cup 2022
Bilqis Prasista di Uber Cup 2022. Foto: dok. PBSI
Kudus -

Pemain bulu tangkis tunggal putri Indonesia Bilqis Prasista mencatatkan prestasi gemilang dengan mengalahkan pemain nomor 1 dunia, Akane Yamaguchi, di Uber Cup 2022. Selama ini Bilqis bergabung dengan PB Djarum, Kudus.

Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin mengatakan Bilqis Prasista merupakan anak dari pasangan legenda bulutangkis, Joko Supriyanto dan Zelin Resiana.

Menurut Yoppi, dalam latihannya Bilqis Prasista berhasil menggabungkan gaya permainan ayah dan ibunya yang memiliki pola yang berbeda.


"Bilqis ini mirip dengan bapaknya (Joko Supriyanto), tekniknya stylish," kata Yoppi saat dihubungi detikJateng, Rabu (11/5/2022).

Yoppi berujar, Joko Supriyanto adalah mantan pemain Pelatnas pada era 90-an. Salah satu prestasi ayah Bilqis itu menjadi juara dunia 1993 di tunggal putra. Joko Supriyanto dikenal sebagai atlet dengan gaya cool, tidak meledak-ledak saat bertanding.

Selain mewarisi gaya ayahnya, permainan Bilqis sekilas juga mirip dengan gaya ibunya, Zelin Resiana, yang pernah masuk dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

"Tekniknya Bilqis seperti bapaknya, cool, tidak meledak-ledak dan petarung seperti ibunya," kata Yoppi.

Dia menerangkan, Bilqis telah mengikuti latihan di PB Djarum sejak tiga tahun lalu. Selama ini dia memang menunjukkan bakat yang cukup menonjol.

"Terakhir dia juara tunggal putri di Bahrain Open tahun 2022," jelas dia.

Diberitakan sebelumnya, Bilqis berjumpa Akane Yamaguchi di partai pembuka laga antara Indonesia dengan Jepang dalam babak penyisihan Grup A Uber Cup 2022 di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/5/2022). Pemain berperingkat 333 dunia itu menunjukkan tajinya dengan membuat Akane takluk di tangannya dalam permainan dua game langsung dengan skor 21-19, 21-19.

Lewat kemenangan ini pula Bilqis Prasista tak hanya menambah catatan prestasinya di bulu tangkis, tapi juga sekaligus menyumbangkan poin pertama untuk Indonesia saat berhadapan dengan tim Negeri Sakura.



Simak Video "Warga Berebut Nasi Berkat Buka Luwur Sunan Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ahr)