Pemprov Jateng Tak WFH Usai Lebaran, Ganjar: Bukan Tujuan Arus Balik

Afzal Nur Iman - detikJateng
Senin, 09 Mei 2022 11:55 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat hadir dalam acara halalbihalal di Gedung Gradhika, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (9/5/2022).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat hadir dalam acara halalbihalal di Gedung Gradhika, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (9/5/2022). Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo tidak ikut memberlakukan usulan work from home (WFH) sepekan setelah masa cuti bersama lebaran 2022. Ganjar menyebut WFH tak perlu dilakukan karena Jateng bukan termasuk tujuan arus balik.

"Kita bukan tujuan arus balik, kita yang membalikkan teman-teman yang kemarin mudik," kata Ganjar usai acara halal bihalal di Gedung Gradhika, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (9/5/2022).

Ganjar menyebut bila ada PNS yang masih ada kendala untuk masuk kerja silakan meminta izin. Namun para PNS tetap masuk pada hari ini.


"Saya kira kita tidak perlu WFH ya, hari ini seandainya ada yang belum bisa bekerja karena sesuatu boleh minta izin begitu aja," jelasnya.

"Kita langsung gaspol ini untuk layani masyarakat," ujarnya menambahkan.

Meski begitu, Ganjar menyambut baik usulan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait WFH bagi PNS untuk mengurangi beban arus balik. Pihaknya menyebut bila di Jateng masih ada pemudik di Jateng yang belum kembali ke daerah asalnya.

"Teman-teman dari Dinas Perhubungan juga masih terus memantau arus baliknya ini," kata Ganjar.

Usulan WFH juga diketahui sudah disetujui oleh KemenPAN-RB yang diikuti surat edaran di beberapa lembaga Kementerian. Ganjar, menyebut hal itu bisa membantu mengurangi beban arus balik di Jateng.

"Kalau Pak Menpan mengatakan silakan work from home, maka kembali arus baliknya bisa terbantu," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyarankan agar instansi swasta maupun pemerintah menerapkan work from home (WFH) selama sepekan untuk mengurangi kemacetan saat arus balik Lebaran 2022. Saran Kapolri Sigit mendapatkan dukungan dari sejumlah pihak.

"Tentunya kita juga imbau untuk mengurai arus balik khususnya bagi instansi-instansi baik swasta atau pemerintah yang masih memungkinkan untuk satu minggu ini bisa melaksanakan aktivitas dengan gunakan media yang ada, seperti online, work from home," kata Sigit.

Pernyataan tersebut disampaikan Sigit dalam jumpa pers usai meninjau penerapan protokol kesehatan (prokes) di lokasi wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali, Kamis (5/4).



Simak Video "PPKM Belum Berakhir-Anjuran WFH Selama Sepekan"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ahr)