Yakin Tak Terlibat Teroris, Keluarga Sayangkan Densus Tembak Mati dr Sunardi

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Kamis, 10 Mar 2022 18:10 WIB
Kondisi mobil yang ditumpangi terduga teroris yang ditangkap di Sukoharjo, Rabu malam (9/3/2022).
Kondisi mobil yang ditumpangi terduga teroris yang ditangkap di Sukoharjo, Rabu malam (9/3/2022). (Foto: dok Polda Jateng)
Sukoharjo -

Pihak keluarga menyayangkan tindakan Densus 88 Antiteror yang menewaskan seorang terduga teroris asal Sukoharjo, dokter Sunardi. Keluarga meyakini dokter Sunardi tidak terlibat kasus terorisme.

"Sekali lagi pesan dari keluarga, keluarga sedikit pun tidak meyakini kalau Pak Sunardi itu terlibat kasus terorisme," kata Sekretaris The Islamic Study and Action Center (ISAC) Endro Sudarsono mewakili keluarga di rumah duka, Bangunsari RT 03 RW 07, Gayam, Sukoharjo, Kamis (10/3/2022).

Keluarga, kata Endro, menyayangkan tindakan Densus 88 yang menggunakan kekerasan bahkan hingga menghilangkan nyawa. Menurutnya aparat semestinya mendahulukan upaya paksa yang sifatnya melumpuhkan.


"Yang jelas kita menyayangkan sikap penegakan hukum yang kemudian ada sebuah kekerasan apalagi tembak mati. Mestinya ada upaya paksa, atau upaya hukum yang sifatnya melumpuhkan. Bukan mematikan," katanya.

Terkait langkah hukum, ISAC masih akan berkoordinasi dengan keluarga dokter Sunardi dalam waktu dekat.

"Untuk langkah hukum, ini sudah ada yang mendekati kami, cuma belum kami sampaikan kepada pihak keluarga. Karena tidak etis kalau saat ini langsung berbicara masalah hukum," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iqbal Alqudusy, juga telah membenarkan adanya penangkapan berujung tewasnya terduga teroris di Sukoharjo. Penangapan itu terjadi di sekitar Bendosari, Sukoharjo pada Rabu (9/3) sekitar pukul 21.00 WIB.

"Adapun terhadap terduga teroris dilakukan tindakan tegas dan terukur yang mengakibatkan yang bersangkutan meninggal dunia. Saat ini jenazah sudah dibawa tim forensik ke RS Bhayangkara Semarang untuk dilakukan autopsi," kata Iqbal.



Simak Video "Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Gresik"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)