Penobatan GPH Bhre sebagai Mangkunegoro X Akan Digelar 12 Maret

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Selasa, 01 Mar 2022 12:50 WIB
GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo hadiri pemakaman KGPAA Mangkunegara IX. Keduanya pun sempat foto bersama di pusara sang ayah.
GPH Paundra dan GPH Bhre di pusara ayahandanya. (Foto: Andy Kurniawan/detikJateng)
Solo -

Pura Mangkunegaran mengumumkan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dikukuhkan sebagai KGPAA Mangkunegoro X. Penobatan akan dilakukan pada 12 Maret 2022 mendatang.

Kepastian tersebut disampaikan dalam wara-wara Istana Mangkunegaran yang diumumkan oleh Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, Lilik Priarso, dalam jumpa pers di Pura Mangkunegaran, Selasa (1/3/2022).

Dalam wara-wara berbahasa Jawa tersebut dinyatakan bahwa dari hasil pertemuan keluarga diputuskan Gusti Pangeran Hario Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, SH dinobatkan sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunagoro X.


"Dene tata cara adat Jumenengan-Dalem badhe kalampahaken ing dinten Sabtu Pahing tanggal 8 Ruwah Alip 1955 utawi surya kaping 12 Maret 2022. (Sedangkan tata cara penobatan akan dilaksanakan pada Sabtu Pahing tanggal 8 Ruwah Alip 1955 atau 12 Maret 2022)," demikian tertulis dalam wara-wara tesebut.

Penetapan GPH Bhre sebagai Mangkunegoro X menjawab pertanyaan setelah kekosongan pengageng Istana Mangkunegara pasca mangkatnya Mangkunegoro IX 13 Agustus 2021 lalu.

Sepeninggal Mangkunegoro IX, ada tiga nama yang disebut-sebut layak menjadi pengganti yakni, GPH Paundra (putra Mangkunegoro IX dari pernikahannya dengan Sukmawati Soekarnoputri), GPH Bhre (putra Mangkunegoro IX dari pernikahannya dengan permaisuri) dan KRMH Roy Rahajasa Yamin yang merupakan kemenakan Mangkunegoro IX.



Simak Video "GPH Bhre Cakrahutomo Diangkat Jadi Mangkunegara X"
[Gambas:Video 20detik]
(mbr/sip)