PPKM Level 3, Upacara Melasti di Parangkusumo Bantul Digelar Terbatas

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Minggu, 27 Feb 2022 19:36 WIB
Upacara Melasti di tengah pandemi di Pantai Parangkusumo, Minggu (27/2/2022).
Upacara Melasti di Pantai Parangkusumo, Bantul, Minggu (27/2/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng
Bantul -

Gegara PPKM level 3, jumlah peserta upacara Melasti di Pantai Parangkusumo, Kalurahan Parangtritis, Bantul, DIY, Minggu (27/2/2022) dibatasi hanya sekitar 200 orang. Pelaksanaan upacara itu juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Jumlah umat yang hadir sangat kita batasi untuk mencegah penyebaran COVID-19. Hari ini sekitar 200 orang yang ikut Melasti, semuanya harus patuh prokes," kata Ketua Umum Hari Raya Nyepi DIY Tahun Saka 1944/2022 Masehi I Putu Sugiartha Sanjaya kepada wartawan di Pantai Parangkusumo, Minggu (27/2/2022) sore.

Sanjaya mengatakan, Melasti merupakan rangkaian upacara hari raya Nyepi.


"Melalui Melasti ini kita memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar alam atau makro kosmos ini disucikan agar jadi tempat yang harmonis bagi manusia," kata dia.

Upacara Melasti di tengah pandemi di Pantai Parangkusumo, Minggu (27/2/2022).Upacara Melasti di tengah pandemi di Pantai Parangkusumo, Minggu (27/2/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng

Melasti, menurut Sanjaya, juga bertujuan membersihkan pikiran, perkataan dan perbuatan umat agar menjadi lebih baik.

"Kami memohon kepada Tuhan agar membuang kotoran-kotoran itu, agar kita siap untuk melaksanakan hari raya Nyepi," lanjut Sanjaya.

"Selain itu, saat doa nanti pemimpin upacara akan mendoakan agar pandemi COVID-19 cepat selesai," kata Sanjaya.

Sanjaya menambahkan, bahwa pelaksanaan Melasti tahun ini tak seramai dulu sebelum pandemi.

Di tempat yang sama, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, tema upacara Melasti tahun ini selaras dengan kondisi yang tidak menentu.

"Tema upacara Melasti hari ini 'aktualisasi nilai tat twam asi dalam moderasi beragama menuju Indonesia tangguh'. Ada spirit untuk membersihkan kotoran, baik pada buwana alit yaitu manusia dan buwana agung yaitu bumi yang kita tinggali ini, agar selaras," ucap Halim.

Upacara Melasti di tengah pandemi di Pantai Parangkusumo, Minggu (27/2/2022).Upacara Melasti di tengah pandemi di Pantai Parangkusumo, Minggu (27/2/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng.



Simak Video "Situs Sakral di Area Pantai yang Penuh dengan Aura Mistis, Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/rih)