Tak Hadiri Peresmian Pasar Legi Solo, Ganjar di Mana?

Tim detikJateng - detikJateng
Kamis, 20 Jan 2022 16:34 WIB
Papan nama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Papan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikJateng)
Solo -

Ketua DPR Puan Maharani meresmikan Pasar Legi Solo, hari ini. Beberapa pejabat tampak hadir dalam peresmian pasar yang selesai dibangun setelah terbakar di 2018 itu.

Beberapa pejabat itu di antaranya adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa.

Meski dihadiri oleh pejabat lembaga tinggi serta menteri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo justru tidak terlihat dalam acara itu. Nama Ganjar maupun yang mewakili juga tidak disebut-sebut dalam pidato di acara itu.

"Bapak ke Jakarta pagi tadi," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemprov Jawa Tengah, Agung Kristiyanto, kepada wartawan melalui pesan singkatnya, Kamis (20/1/2022).

Dia menjelaskan, Ganjar menghadiri undangan dari Istana untuk rapat bersama Gubernur Jawa Timur dan Banten.

"Menghadiri undangan rapat dari Istana bersama Gub Banten dan Gub Jatim," lanjut Agung memberikan penjelasan.

Sehari sebelum acara peresmian, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengaku tidak tahu menahu mengenai siapa saja yang diundang dalam peresmian pasar itu.

Dia beralasan tuan rumah dalam acara itu adalah Kementerian PUPR. Undangan untuk acara tersebut juga dibuat oleh kementerian.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga mengatakan tidak tahu menahu tentang ketidakhadiran Ganjar dalam acara tersebut.

"Nek takon kui aku ra ngerti (kalau tanya itu, saya tidak tahu)," kata Basuki.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo mengungkap polemik ketidakhadiran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam peresmian Pasar Legi yang dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Ternyata Ganjar baru diundang tadi malam.

Rudy mengaku telah berkomunikasi dengan Ganjar tadi malam. Ganjar pun tidak bisa hadir karena sudah lebih dahulu menerima undangan terkait acara kebencanaan di Jakarta.

"Semalam saya telepon-teleponan dengan beliau (Ganjar) sekitar jam 23.30 WIB. Bahwa beliau dapat undangan tapi datangnya malam itu juga. Tapi beliau kan sudah punya tugas untuk paparan atau presentasi tentang kebencanaan di Jateng. Jadi undangannya duluan itu di Jakarta," kata Rudy yang juga hadir di acara peresmian Pasar Legi.



Simak Video "Ganjar Bareng Gus Muwafiq Nyekar Makam Bung Karno di Blitar"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ams)