Pesona Pasir Putih, Keindahan Tersembunyi di Pangandaran

Pesona Pasir Putih, Keindahan Tersembunyi di Pangandaran

Aldi Nur Fadilah - detikJabar
Sabtu, 24 Sep 2022 06:00 WIB
Pasir Putih Pangandaran
Pasir Putih Pangandaran (Foto: Istimewa/dok humas Pemkab Pangandaran)
Pangandaran -

Liburan ke pantai Pangandaran rasanya tak lengkap jika tidak menginjak pantai pasir putih di hadapan deburan ombak yang tenang.

Pasir putih Pangandaran terletak di bagian kawasan Taman Wisata Cagar Alam Pananjung. Jaraknya dari pasir hitam Pangandaran hanya disekat oleh teluk Pananjung.

Lokasi pantai pasir putih sempat heboh pada beberapa tahun yang lalu saat kapal MV Viking ditenggelamkan eks Menteri Kelautan da Perikanan RI Susi Pudjiastuti tahun 2016.


Tepat beberapa mil dari pantai pasir putih, Kapal MV Viking masih terlihat bangkainya, bahkan dijadikan spot foto. Terlintas dalam telinga mendengar pasir puith berkaitan dengan keindahan terumbu karang. Aktivitas yang bisa dilakukan disana memang salahsatunya snorkling.

Wisatawan bisa sewa peralatan snorlking di pasir putih dengan jarak hanya 5 sampai 10 meter dari tepi pantai. Jika beruntung dan kondisi air pantai pasang, jarak untuk melihat terumbu karang bisa sangat dekat.

Selain itu aktivitas lainnya yang bisa dilakukan adalah berenang, main pasir, naik perahu, dan main paddle.

Foto ini merupakan view Pasir Putih Pantai Pangandaran dan Kapal MV Viking.Foto ini merupakan view Pasir Putih Pantai Pangandaran dan Kapal MV Viking. Foto: detik

Swafoto di pasir putih terdapat banyak angle, dari mulai Kapal Viking, deretan pasir putih, dan tumbuhan hijau yang menjorok serta pantai berwarna biru yang menghadap ke Samuder Hindia. Tak sedikit calon pengantin yang menjadikan lokasi prewedding.

Rute dan Akses Masuk Pantai Pasir Putih

Harga tiket masuk pantai pasir putih masih satu tiket dengan pantai Pangandaran, untuk Orang Rp10.000, Sepeda Motor Rp20.000, Jeep/Sedan dan sejenisnya Rp60.000, Minibus kecil dan sejenisnya Rp95.000, Minibus Besar dan sejenisnya Rp135.000, Bus Kecil dan sejenisnya Rp205.000, Bus sedang dan sejenisnya Rp295.000 dan Bus besar dan sejenisnya Rp 515.000.

Tetapi jika masuk pantai Karapyak perlu biaya tambahan, karena harus memasuki kawasan TWA Cagar Alam Panajung.

Ada 2 rute yang bisa dilalui wisatawan untuk sampai ke pasir putih Pangandaran yang sangat rekomendasi.

Pertama, melalui perahu wisata dari pantai barat Pangandaran. Untuk pengemudi dan perahunya banyak mangkal sekitaran pantai.

Wisatawam cukup menggocek uang Rp 20 ribu per orang untuk sampai ke Pasir Putih sudah termasuk penjemputan. Ditempuh hanya sekitar 5-10 menit perjalanan, sambil menikmati perjalanan perahu wisatawan bisa berkeliling di area kapal Viking yang tenggelam. Lalu swafoto dengan latar belakang samudera hindia.

Kedua, melalui TWA Cagar Alam Pananjung. Masing-masing jalur mempunyai kelebihan dan kekurangan. Melalui Cagar Alam wisatawan bisa menemui banyak margasatwa layaknya di kebun binatang.

Namun ditempuh dengan jalan kaki ditempuh dengan jarak sejauh 30 menitan. Karena ada track yang harus dilewati. Tetapi wisatawan bisa banyak memilih berkunjung seperti ke goa Jepang, situs, curug dan tempat lainnya sepanjang jalur menuju pasir putih.

Harga tiket masuk ke TWA Cagar Alam saat Weekdays Rp 15 ribu dan Weekend Rp 20 ribu.

Hewan yang akan paling banyak ditemui sepanjang jalan ke pasir putih adalah monyet, lutung, merak, biayawak dan jenis burung lainnya.

Asal-usul pantai Pasir Putih

Pasir Putih Pangandaran dikenal dengan kekayaan terumbu karang dan karamnya kapal MV Viking. Bahkan warga lokal zaman dulu menggunakan pantai pasir putih sebagai spot surfing karena ombaknya sangat cocok untuk berselancar.

Staf Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pangandaran Hadiat Kelsaba atau akrab dipanggil Encek (50) menjadi saksi keindahan pantai pasir putih Pangandaran dari masa ke masa.

Ia mengatakan, belum ada yang tahu pasti pertamakalinya Pantai Pasir putih ditemukan di Taman Wisata Cagar Alam. Karena memang penamaan pasir putih hanya karena warna pasirnya aja. "Dulu memang jika ada pasir putih identik dengan terumbu karang," kata Encek saat diwawancara detikJabar, Jumat (23/9/2022).

Menurutnya pantai pasir putih pertama populer dan menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan sejak Tahun 1980-an.

"Dulu pasir putih bisa disebut lumbungnya terumbu karang yang menjadi kehidupan biota laut dan rumahnya beragam jenis ikan," katanya.

Encek mengatakan terumbu karang pasir putih Pangandaran sempat terkikis pada saat meletusnya Gunung Galunggung Tahun 1990an dan Tsunami Pangandaran 2006.

"Saat ini hanya tersisa kurang lebih 30 persen terumbu karang yang hidup dan ditambah dengan melakukan transplantasi terumbu karang. Alhamdulillah masih banyak relawan yang melakukan tranplantasi terumbu karang di pasir putih," katanya.

Selain itu hal yang sedikit hilang adalah para peselancar di pasir putih. Karena ombaknya saat ini terpecah oleh kapal viking yang ditenggelamkan Susi Pudjiastuti.

(yum/yum)