Kabupaten Sukabumi

Cimaja Independence Surf, Kompetisi Selancar Lokal Rasa Internasional

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Jumat, 19 Agu 2022 17:16 WIB
Surfing di Pantai Cimaja.
Foto: Surfing di Pantai Cimaja (Syahdan Alamsyah/detikJabar).
Sukabumi -

Pantai Cimaja menjadi spot pilihan para peselancar dunia selain Bali dan beberapa lokasi lainnya di Indonesia. Berbagai ajang Surfing dunia pernah digelar di lokasi ini. Teranyar, komunitas surfing Cimaja akan menggelar kompetisi surfing lokal rasa internasional, seperti apa?

Event yang akan digelar pada Sabtu 20 dan Minggu 21 Agustus tersebut merupakan kerjasama Komunitas Surfing Cimaja Board Rider dengan Pemerintah Desa Cimaja yang merupakan rangkaian peringatan HUT ke-77 RI. Meskipun lokal siapa sangka kegiatan itu diikuti para peselancar dari 6 negara seperti Jepang, UK, Amerika, Australia, Perancis dan Jerman.

"Rencana event Cimaja Board Rider Independence Day surf kontes 2022, yang diselenggarakan oleh pemerintah desa dengan kami selaku komunitas surfing Cimaja. Peserta yang sudah terdaftar dari Kabupaten Sukabumi untuk open divisi 70 orang, di bawah usia 16 tahun peserta terdaftar 40 orang lebih, women divisi 10 orang dan master divisi diikuti peselancar dari Jepang, UK, Amerika, Australia, Perancis dan Jerman," kata Iman, penanggung jawab kegiatan tersebut kepada detikJabar, Jumat (19/8/2022).


Pria yang akrab disapa Ambon tersebut mengatakan kehadiran peserta dari luar negeri dalam event tersebut adalah bentuk penghargaan kepada para turis atau wisatawan yang sudah biasa datang ke Cimaja. Hampir setiap akhir pekan para turis tersebut menghabiskan masa liburannya untuk berselancar di Pantai Cimaja.

"Mereka memang peselancar dan sering berkunjung ke Cimaja khususnya mereka yang setiap minggu usai bekerja dari Jakarta ada yang dari Bandung dan sekitarnya sering ke Cimaja untuk berselancar, di hari Weekend," kata Ambon.

"Ada juga yang sering atau pernah mengikuti event serupa lainnya dengan berselancar di sini, makanya kami dari komunitas SurfingCimaja Board Rider ini untuk menghargai mereka dan respek kita terhadap mereka, karenaCimaja ini dari kita untuk kita maka kami sengaja undang mereka untuk ikut di acara Independence day ini," kata Ambon.