Wajah Baru Curug Sodong Sukabumi yang 'Disuntik' Rp 7 Miliar

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Selasa, 16 Agu 2022 18:00 WIB
Wajah baru Curug Sodong Sukabumi.
Wajah baru Curug Sodong Sukabumi. (Foto: Dok. Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi)
Sukabumi -

Curug Sodong di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi dalam waktu dekat ini akan dibuka untuk umum. Usai mendapat suntikan dana Rp 7 Miliar dari anggaran pemulihan ekonomi nasional tahun 2021, apa saja yang baru di lokasi wisata itu?

Sub Koordinator Destinasi Baru Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Riky Agus Ramdan mengatakan peresmian destinasi wisata itu sebenarnya sudah dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

"Untuk Curug Sodong sudah diresmikan Pak Gubernur awal tahun ini, namun karena pada Januari sampai Juni itu masuk ke pemeliharaan, nah sekarang sudah serah terima dengan kami. Rencananya akan dibuka oleh Pak Bupati Marwan Hamami pada 4 September nanti," kata Riky, Selasa (16/8/2022).


Riky menjelaskan tanggal itu dipilih karena berbarengan dengan rangkaian hari jadi Kabupaten Sukabumi. Setelah dibuka, kawasan itu secara resmi akan menjadi destinasi wisata pilihan yang bisa dinikmati wisatawan yang berkunjung ke kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

"Mudah-mudahan dengan diresmikannya kawasan itu bisa dinikmati oleh kunjungan wisatawan, pada konsep awalmya pengunjung hanya datang untuk melihat curug. Ditambahkan fasilitas yang diperlukan oleh pengunjung, misalkan parkiran kita perbaiki, kemudian untuk beribadah musala kami siapkan. Kemudian gazebo untuk istirahat," jelas Riky.

"Kemudian ada warung-warung yang dikelola oleh kelompok sadar wisata ada homestay ketika wisatawan datang ke sana untuk berkunjung. Untuk prosesnya sendiri menghabiskan anggaran Rp 7 miliar yang bersumber dari anggaran pemulihan ekonomi nasional tahun 2021," sambungnya.

Untuk rangkaian peresmian, akan diawali dengan kegiatan Touring yang melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Sukabumi. Touring dengan tema "Touring Merdeka Ngabumi" itu dimulai pada 3 September.

"Rangakain hari jadi rencana ada touring Merdeka Ngabumi, ke Ujunggenteng, diselingi ada penanaman pohon, ada bantuan sosial juga dari perangkat daerah. Istirahat kemudian besok pagi ke Curug Sodong untuk peresmian beroperasinya Curug Sodong," pungkas Sigit.

(sya/orb)