Tabebuya Bermekaran Bikin Jalan Braga Bandung Makin Syahdu

Rifat Alhamidi - detikJabar
Rabu, 10 Agu 2022 13:16 WIB
Pohon tabebuya di Jalan Braga Bandung mulai bermekaran.
Foto: Pohon Tebebuya di Jalan Braga Bandung mulai bermekaran (Rifat Alhamidi/detikJabar).
Bandung -

Bunga Tabebuya mulai bermekaran di Kota Bandung, Jawa Barat. Keindahan bunga yang hanya mekar satu tahun sekali ini, bisa ditemukan di Jalan Braga, Kota Bandung.

Mekarnya bunga dari pohon Tabebuya itu praktis menambah suasana syahdu Jalan Braga. Jalan ikonik di Kota Bandung yang terdapat deretan bangunan heritage berarsitektur khas Hindia Belanda ini makin dimanjakan dengan kemunculan bunga berwarna kuning berbentuk mirip terompet tersebut.

Tak heran, banyak warga yang memanfaatkan mekarnya bunga Tabebuya untuk swafoto. Salah satunya dilakukan Anisa (23).


"Lihat temen masang foto di IG pake latar bunga ini, pas dilihat ternyata bagus. Yaudah langsung nyoba aja jalan-jalan ke sini," katanya saat berbincang dengan detikJabar di Jalan Braga, Bandung, Rabu (10/8/2022).

Dengan mengambil latar bunga Tabebuya, Anisa mulai bergaya di depan kamera ponselnya. Setelah beberapa kali percobaan, ia akhirnya mendapat foto yang pas untuk diunggah ke media sosialnya.

"Hasilnya jadi bagus, jadi estetik background fotonya," ucapnya.

Dilansir detikTravel, Tabebuya di Jalan Braga kurang lebih terdapat 50 pohon. Pohon tersebut sudah ditanam sejak Bandung dipimpin Wali Kota Dada Rosada.

Meskipun setiap hari dilanda kemacetan yang parah, pengendara kini bisa sedikit dimanjakan dengan mekarnya bunga Tabebuya. Apalagi, cuaca Kota Bandung saat ini begitu sejuk meskipun siang hari, yang tentunya menambah syahdu suasana jalan ikonik tersebut.

Tabebuya sendiri merupakan jenis pohon besar yang bunganya mekar setahun sekali menjelang datangnya musim hujan. Banyak yang mengira, bunga Tabebuya berasal dari Jepang karena bentuknya mirip Sakura.

Namun, ternyata Tabebuya dan Sakura tidak berkerabat. Tabebuya merupakan pohon asli Brasil yang banyak ditanam di daerah beriklim kering. Pohon peneduh ini memiliki banyak kelebihan, di antaranya daunnya tidak mudah rontok dan akarnya tidak merusak bangunan di sekitarnya meski berbatang keras.

Di Indonesia, pohon Tabebuya hanya bisa ditemui di beberapa daerah, seperti Surabaya, Malang, Purwokerto, Magelang, dan Kediri. Dari kota-kota tersebut, Surabaya menjadi spot paling terkenal dengan Tabebuya merah mudanya.

(ral/mso)