5 Wisata Dekat Alun-alun Bandung, Cocok Buat Foto-foto

Wisma Putra - detikJabar
Jumat, 15 Jul 2022 11:59 WIB
Timbulkan kerumunan hingga sampah, Alun-alun Kota Bandung ditutup sementara. Ratusan warga yang tak bisa masuk tumpah ruah di luar kawasan, Jumat, 6/5/2022.
Alun-alun Bandung (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Sempat dibuka pada awal Bulan Mei 2022 lalu, Taman Alun-alun Kota Bandung ditutup kembali oleh Pemkot Bandung karena menimbulkan kerumunan dan tumpukan sampah di setiap sudut taman.

Belum diketahui kapan Taman Alun-alun Bandung yang dilapisi rumput sintetis itu dibuka kembali. Penutupan itu dilakukan demi menjaga protokol kesehatan dan kebersihan taman.

Bagi Anda yang datang ke Kota Bandung, dengan tujuan bermain ke Taman Alun-alun Bandung, tapi saat ini belum bisa. Berikut ini detikJabar merekomendasikan sejumlah tempat wisata di sekitar Taman Alun-alun Bandung.


Berikut 5 wisata di dekat Alun-alun Bandung:

1. Palestine Walk

Palestine walk, diresmikan semasa almarhum Wali Kota Bandung Oded M Danial. Mang Oded sapaaanya kala itu meresmikan Palestine Walk ini bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Palestina Dr. Riad Malki.

Lokasi Palestine Walk ini ada di sebrang Alun-alun Bandung, lokasi ini biasanya digunakan wisatawan yang datang untuk berswafoto.

2. Tugu Asia Afrika

Nama-nama negara yang mengikuti Konferensi Asia Afrika, terpajang di Tugu Asia Afrika. Lokasi Tugu Asia Afrika ini masih ada disebrang Alun-alun Bandung.

Tugu Asia Afrika ini, sebenarnya dinamai Tugu Global. Tugu Global dibuat sebagai simbol persaudaraan serta kekeluargaan dan kebangkitan globaliasi antarbangsa di benua Asia dan Afrika.

Sama halnya dengan Palestine Walk, Tugu Global ini kerap menjadi spot foto favorit bagi wisatawan.

3. Lorong JPO Asia Afrika

Lorong Jembatan Penyebarangan Orang (JPO) di Jalan Asia Afrika kerap menjadi ingatan wisatawan untuk berswafoto.

Bukan karena lorongnya, tapi Quotes Musisi asal Bandung Pidi Baiq menjadi ingatan saat berfoto.

"Dan Bandung bagiku bukan masalah geografis, lebih dari itu melibatkan perasaan yang, bersama ku ketika sunyi," tulis quotes Pidi Baiq.

4. Swafoto dengan Cosplayer Hantu-Robot

Cosplayer hantu, seperti pocong, kuntilanak, genderewo, tuyul, drakula, mumi, suster ngesot, mak lampir menjadi buruan para wisatawan untuk berswafoto di sekitar pedestarian Jala Asia Afrika.

Tak hanya cosplayer hantu, cosplayer robot dari mulai tokoh serial Marvel, Transformer, Kamenrider, hingga Power Rangers juga jadi buruan warga untuk berfoto.

Bagi Anda yang mau berswafoto, jangan lupa sisihkan uang receh untuk dimasukkan ke kotak yang disediakan para cosplayer.

5. Gedung Merdeka

Jika Anda berkunjung ke kawasan Jalan Asia Afrika, Anda akan melihat Gedung bersejarah Gedung Merdeka.

Setiap sudut gedung yang pernah digunakan untuk Konferensi Asia Afrika ini sangat instagramnable. Wisatawan yang datang ke kawasan ini selalu mengabadikan momen saat bermain di Gedung Merdeka.

Anak tangga, gerbang besi, kursi taman, tiang bendera, hingga lanskap Gedung Merdeka menjadi spot foto favorit wisatawan.



Simak Video "Taman Alun-alun Bandung Kembali Dibuka, Seperti Apa Suasananya Kini?"
[Gambas:Video 20detik]
(wip/tey)