Asyik! Main ke Kebun Binatang Bandung Tak Perlu Lagi Pakai Masker

Asyik! Main ke Kebun Binatang Bandung Tak Perlu Lagi Pakai Masker

Anindyadevi Aurellia - detikJabar
Kamis, 19 Mei 2022 08:30 WIB
Sebelum pandemi COVID-19, Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Garden) menjadi salah satu objek wisata primadona wisatawan di Kota Bandung. Namun libur nataru tahun ini tidak seramai tahun sebelumnya.
Kebun Binatang Bandung (Foto: Siti Fatimah)
Bandung -

Setelah dua tahun penantian, akhirnya masyarakat diperbolehkan untuk tidak mengenakan masker di ruang terbuka. Hal tersebut ditegaskan oleh Presiden RI, Joko Widodo dalam konferensi pers pelonggaran penggunaan masker di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (17/5/2022).

Pernyataan tersebut disambut positif oleh berbagai tempat wisata di Bandung, salah satunya Kebun Binatang Bandung yang mulai hari ini, Rabu (18/5/2022) telah membebaskan pengunjung untuk lepas masker.

"Sesuai pernyataan Presiden, kami mulai hari ini sudah memperbolehkan pengunjung untuk bermain tanpa masker. Jika ada yang tetap menggunakan masker pun kami persilakan, lebih bebas," ujar Marketing Communication Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafi'i saat dihubungi detikJabar.


Kelonggaran ini ditanggapi dengan suka cita oleh pengelola Kebun Binatang maupun pengunjung. Mereka kini juga dibebaskan jika tidak melakukan scan pada papan kode scan Peduli Lindungi yang masih terpasang di fasad Bonbin. Bahkan beberapa spanduk himbauan menggunakan masker, stiker jaga jarak, pun akan dilepas.

"Sekarang sudah lebih bebas, untuk jarak dan lainnya sudah tidak kami atur. Ada rencana untuk mulai melepas stiker jaga jarak, tapi kelihatannya baru mulai besok. Intinya, perlahan Kebun Binatang sudah dibuka seperti semula," ujar pria yang akrab disapa Aan itu.

Namun, kelonggaran ini tak berlaku untuk lansia dan komorbid. Selain dibutuhkan kesadaran diri masing-masing dan pengawasan keluarga, staff yang bertugas juga akan melakukan teguran pada lansia yang tak menggunakan masker.

"Kami longgarkan tapi tetap ikuti sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dari Pemerintah. Kalau ada lansia tak pakai masker, kami tegur baik-baik. Kalau anak muda atau yang kondisinya segar bugar, kami bebaskan," ujarnya.

(aau/yum)