Serunya Jelajahi Hutan Habitat Dinosaurus Lewat VR di The Great Asia Africa

Whisnu Pradana - detikJabar
Jumat, 06 Mei 2022 16:00 WIB
Wisatawan Mencoba Wahana Virtual Reality di TGAA
Wisatawan Mencoba Wahana Virtual Reality di TGAA (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar).
Bandung Barat -

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata The Great Asia Africa (TGAA) di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kini kian dimanjakan dengan beragam wahana yang bisa dijajal selama libur Lebaran 2022.

Tak cuma mengandalkan wahana swafoto dengan beragam latar negara sesuai dengan nama yang diusung, terbaru wisatawan juga bisa mencoba wahana virtual reality (VR)

Wisatawan bakal merasakan sensasi menjelajahi hutan yang menjadi habitat dinosaurus melalui kacamata VR. Tak hanya secara visual, namun sensasi motorik juga dirasakan oleh pengunjung karena akan berdiri serta berpegangan pada sebuah pijakan yang bergoyang.


"Virtual reality Bigdino ini konsepnya merasakan dunia lain secara virtual menggunakan kacamata VR yang berfungsi melihat video 360, jadi kita seakan-akan melihat dunia itu real," ujar Pengelola Wahana Bigdino, Aris Septian kepada detikJabar, Jumat (6/5/2022).

Aris mengatakan dalam wahana virtual reality tersebut, pengelola menyediakan tiga konten atau video diawali dengan hutan habitat dinosaurus, dunia laut, dan terakhir pengunjung seolah-olah sedang menaiki roller coaster.

"Kontennya ada tiga film dengan durasi 8-10 menit. Pertama tentang hutan dinosaurus, kemudian wahana air yang seakan-akan kita ada di sungai karena ada ikan, ada mosasaurus juga di situ, dan terakhir kita kasih roller coaster," kata Aris.

Ketiga konten video tersebut, bisa membuat pengunjung benar-benar merasakan nyatanya sedang berada di dunia itu, bahkan konten roller coaster bisa membuat pengunjung berteriak histeris karena sangat menantang.

"Sensasi yang paling terasa mungkin di roller coaster, itu untuk dewasa. Kalau untuk anak-anak semuanya tentang dinosaurus sekaligus materi edukasi juga," ucap Aris.

Ia mengatakan sejauh ini animo pengunjung untuk mencoba virtual reality tersebut sangat tinggi, padahal wahana ini baru beroperasi sebulan yang lalu.

"Untuk virtual reality ini, kita baru buka sebulan, tapi animo pengunjung sangat bagus sekali. Jadi mereka memang merasakan sensasi yang lain dengan mencoba VR ini," ujarnya.

Sementara untuk mencoba virtual reality ini, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 25 ribu saja. Dengan uang sebesar itu, pengunjung bisa merasakan suasana yang menyenangkan sekaligus menegangkan.

"Untuk VR ini tiketnya hanya Rp 25 ribu. Kita juga ada wahana VR bigdino, jadi seolah-olah sedang memberi makan dinosaurus. Tapi memang yang jadi pilihan ini yang VR ke hutan dinosaurus," ujar Aris.

(mso/mso)