Jurus Polisi Urai Antrean Kendaraan di Terasering Panyaweuyan

Kabupaten Majalengka

Jurus Polisi Urai Antrean Kendaraan di Terasering Panyaweuyan

Erick Disy Darmawan - detikJabar
Jumat, 06 Mei 2022 04:00 WIB
Objek Wisata Panyaweuyan Majalengka
Objek wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka. (Foto: Erick Disy Darmawan/detikJabar)
Majalengka -

Polisi memberlakukan skema one way di objek wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka. Hal tersebut sudah berlangsung sejak hari pertama Lebaran 2022.

Kapolsek Argapura Iptu Agus Purwanto mengatakan kebijakan one way diterapkan guna mengurai antrean kendaraan yang kerap terjadi setiap memasuki libur panjang. "One way diberlakukan sejak hari H Lebaran. Ini diberlakukan dari pukul 8.30 hingga 17.00 WIB," kata Agus kepada detikJabar, Kamis (5/5).

Pola one way ini diterapkan khusus bagi wisatawan yang akan berkunjung ke objek wisata Panyaweuyan. Namun, menurut Agus, dispensasi untuk masyarakat lokal hanya diberlakukan pada jam-jam tertentu.


"Kalau masyarakat sekitar masih bisa melintas, khususnya warga Desa Sukasari Kaler, Blok Japer dan Dongkol, itu dikasih dispensasi sampai jam sembilan pagi. Nah kalau untuk petani lokal masih bisa melintas," tutur Agus.

Dia menjelaskan skema one way akan diterapkan hingga 9 Mei 2022 atau akhir Operasi Ketupat Lodaya 2022. "Titik penyekatan one way dimulai dari terminal Panyaweuyan dan Perempatan Jatilima. Di setiap titik penyekatan kami menyiapkan petugas untuk berjaga-jaga," ujar dia.

"Jatilima ke Sangiang masih bisa dua arah. Argamukti sampe Cipanas juga dua arah, tapi tentatif, semisal terjadi kepadatan kendaraan kita lakukan buka-tutup. Soalnya di sana ada objek wisata juga, yaitu Curug Muara Jaya," kata Agus menambahkan.

Pengelola Terasering Panyaweuyan Mulyadi menyambut baik kebijakan yang diinisiasi Polsek Argapura. Menurutnya, kebijakan tersebut diklaim bisa mengatasi kemacetan di Panyaweuyan.

"Alhamdulillah sekarang jadi nggak terlalu macet, kayak libur sebelum-sebelumnya. Dan, sesuai instruksi kepolisian kami juga ikut membantu mengatur arus satu arah ini," ucap Mulyadi.

Menurut dia, dibandingkan pada libur akhir pekan biasa, pada libur Lebaran ini jumlah pengunjung naik sekitar 50 persen. "Kemungkinan akan terus naik hingga akhir pekan nanti," kata Mulyadi.

(bbn/bbn)