Persikab Dukung Penundaan Liga Selama Dua Pekan

Yuga Hassani - detikJabar
Selasa, 04 Okt 2022 21:30 WIB
Persikab Bandung.
Ilustrasi pemain Persikab Bandung. (Foto: Instagram Persikab Bandung)
Bandung -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan menunda pertandingan Liga 1 dan Liga 2 2022/2023 selama dua pekan. Ini akibat adanya tragedi kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Manager Persikab, Eddy Moelyo mengatakan pihaknya menghormati kebijakan tersebut. Pelaksanaan kompetisi pun diharapkan dievaluasi.

"Kita prinsipnya begini, ditundanya ini kita menghargai, menghormati, para korban ini kan. Sembari ini momennya PSSI dan PT LIB untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh. Dari pihak operator LIB, maupun panpel, maupun aparat keamanan," ujar Eddy saat dihubungi detikJabar, Selasa (4/10/2022).


Eddy sendiri menyayangkan insiden tersebut. Apalagi hingga kini terus berseliweran momen tragedi itu di media sosial.

"Kalau kita lihat video-video yang beredar memang sangat sadis gitu. Bagaimanapun juga kalau ada kericuhan-kericuhan ya nggak sampai seperti itu yah, paling dihalau untuk keluar dari stadion aja kan," katanya.

"Ya ini makanya kejadian yang sangat luar biasa lah. Jadi kita mengikuti aja keputusan dari PSSI dan PT LIB," tambahnya.

Dia mengungkapkan para skuad Laskar Dalem Bandung saat ini diliburkan sementara. Para pemain bisa memanfaatkan waktu untuk bertemu keluarganya.

"Walaupun ini jedanya diliburkan dua pekan, jadi para pemain kita liburkan per hari ini sampai hari minggu. Supaya mereka juga bisa refreshing, bisa bertemu keluarga, karena para pemain ini sudah lima bulan gak pulang-pulang sejak masa persiapan," jelasnya.

Eddy menjelaskan para pemainnya akan kembali ke berkumpul pada Minggu (9/10/2022) mendatang. "Iya, jadi para pemain pulang kampung, hari Minggu sudah pada ke sini untuk latihan lagi," tuturnya.

Persikab Bandung sendiri saat ini berada di peringkat ketujuh klasemen Grup B. Padahal Persikab Bandung memiliki target untuk bisa lolos ke Liga 1 musim depan.

"Masih target kita ke Liga 1, tapi kita evaluasi titik lemah kita, apalagi kita sekarang masih di papan tengah. Dengan kondisi ini kita bisa melihat gambaran nanti pada putaran kedua, yang mana apakah ada perubahan pemain, atau mempertahankan yang ada," ungkapnya.

Dia menambahkan saat ini Persikab tengah mengincar sejumlah pemain di Liga 1. Jika bisa direkrut, hal itu diharapkan bisa mendongkrang Persikab Bandung ke papan atas klasemen.

"Kita juga sudah menghubungi pemain-pemain Liga 1 untuk menambah putaran kedua bisa naik lebih signifikan. Target tetap Liga 1, peluang kan masih terbuka," pungkasnya.

(orb/orb)