Soccer Update

Cristiano Ronaldo Tak Bahagia di Manchester United

Tim detikSport - detikJabar
Selasa, 04 Okt 2022 23:30 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - OCTOBER 02: Cristiano Ronaldo of Manchester United looks on during the Premier League match between Manchester City and Manchester United at Etihad Stadium on October 02, 2022 in Manchester, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Cristiano Ronaldo. (Foto: Getty Images/Laurence Griffiths)
Manchester -

Cristiano Ronaldo benar-benar tak bahagia di Manchester United, terutama saat timnya kalah 3-6 oleh Manchester City. Dalam laga itu, Ronaldo sama sekali tak dimainkan.

Gestur tak bahagia ini diungkapkan ahli bahasa tubuh. Ia mengamati gestur CR7 saat nongkrong di bench.

Dikutip dari detikSport, Darren Stanton, seorang ahli bahasa tubuh, memberikan analisisnya soal Ronaldo. Ia pertama-tama menjelaskan lebih dulu mengenai ekspresi mikro, yang biasa diperlihatkan seseorang tanpa sadar. Durasi ekspresi mikro ini biasanya cuma sekelebat alias hitungan detik, tapi sarat makna karena cerminan emosi terdalam seseorang.


"Jika anda tahu apa yang harus diperhatikan, hal itu sangatlah jelas. Saat kita melihat potongan video Ronaldo, ia menyunggingkan senyum di satu sisi wajah, sehingga sisi kiri wajah dan bagian pipinya membesar. Ini adalah bentuk emosi cibiran jadi ia sepenuhnya memandang rendah, sedikit marah, frustrasi, dan tidak sabar atas apa yang terjadi di lapangan, karena ia duduk di bangku cadangan. Jelas sekali ia tidak bahagia karena tak main dan merasa sedikit putus asa," ucap Stanton kepada Mirror.

Analisa selanjutnya dipaparkan. Pemain asal Portugal itu benar-benar frustrasi saat melihat timnya dibantai.

"Ronaldo juga menenggelamkan wajah di dalam telapak tangan, yang merupakan tanda-tanda klasik rasa frustrasi. Itu juga merupakan isyarat keyakinan diri yang memperlihatkan bertambahnya rasa frustrasi dan ketidaksabaran."

"Menurut saya, Ronaldo saat itu sedang berpikir mengenai sejumlah hal yang membuatnya terus-menerus berada di bangku cadangan dan bukan di lapangan pada saat-saat penting. Jadi secara keseluruhan, Ronaldo saat ini bukanlah pemain yang bahagia dan saya memprediksi hal serupa akan muncul dalam banyak laga tahun ini."

"Rasa tidak sabar, frustrasi, dan amarah Ronaldo terus bertambah dalam beberapa bulan terakhir," tuturnya menyimpulkan.

Artikel ini telah tayang di detikSport dengan judul Ahli Bahasa Tubuh: Cristiano Ronaldo Tak Sabar, Frustrasi, Marah

(orb/orb)