Flashback! Kala Bobotoh Bisa Dukung Langsung Persib di Kanjuruhan

Bima Bagaskara - detikJabar
Senin, 03 Okt 2022 03:00 WIB
Bobotoh saat mendukung Persib di Stadion Kanjuruhan, Malang.
Kala bobotoh dukung langsung Persib di Stadion Kajuruhan, Malang (Foto: persib.co.id).
Bandung -

Minggu 11 September 2022 jadi hari bahagia untuk Persib Bandung dan Bobotoh. Betapa tidak, mereka berhasil 'menang' di Stadion Kanjuruhan, Malang. Hari itu, Persib sukses menaklukkan tuan rumah Arema FC dengan skor 2-1.

Kemenangan itu tentu membuat Bobotoh bahagia. Namun, kebahagiaan Bobotoh semakin berlipat karena mereka turut hadir di Stadion Kanjuruhan, dan menyaksikan tim kesayangannya meraih kemenangan.

Hari itu, Bobotoh untuk pertama kalinya setelah sekian lama bisa kembali hadir di Stadion Kanjuruhan, Malang. Mereka bisa saling berdampingan dengan suporter tuan rumah, Aremania.


Kedatangan Bobotoh di Kanjuruhan hari itu memang telah direncakanan. Panpel Arema memberikan kuota bagi Bobotoh untuk tiba di Malang. Bobotoh pun menyambut baik hal itu.

Pada Kamis 11 September, perwakilan Bobotoh datang ke Malang untuk bertemu dengan Aremania dan pihak panpel serta kepolisian. Dalam pertemuan itu, disepakati jatah tiket yang disediakan untuk Bobotoh adalah 500 tiket.

"Intinya malam rapat dengan kepolisian hadir langsung Kapolres dan jajaran dan hampir seluruh korwil Aremania, intinya bahwa Bobotoh diterima secara bertahap," kata Tobias Ginanjar, perwakilan dari Viking Persib Club (VPC) yang turut hadir di pertemuan itu saat dikonfirmasi detikJabar, Kamis (8/9/2022).

"Artinya mereka menerima Bobotoh untuk hadir langsung di stadion, tapi bertahap ya hanya 500 orang. Karena berdasarkan pertimbangan dari pihak keamanan dan Aremania," imbuhnya.

Tobias menjelaskan dari rapat itu kepolisian mempertimbangkan aspek keamanan mengingat kedatangan Bobotoh pada Minggu nanti ke Stadion Kanjuruhan menjadi yang pertama kali setelah sekian lama.

"Pendapat kepolisian bahwa ya aspek keamanan dan ini baru awalan setelah sekian lama gak hadir. Jadi dicoba dulu dengan jumlah yang tidak terlalu banyak 500 ini," ungkapnya.

Mendapat jatah 500 tiket, Bobotoh tetap hadir di Kanjuruhan saat laga digelar. Dengan menggunakan pakaian putih, Bobotoh disambut hangat Aremania. Hingga akhir pertandingan, kedua suporter saling berdampingan.

Hal itu menjadi sejarah bagi sepak bola tanah air. Sebab rivalitas kedua suporter yang sebelumnya dikenal sengit, perlahan mulai mereda dengan hadirnya Bobotoh di kandang Singa. Bobotoh juga rencananya bakal menerima Aremania saat Arema FC bermain di Bandung pada putaran kedua Liga 1 2022.

(bba/mso)