Tragedi Kanjuruhan yang Menyentuh Eropa

Tragedi Kanjuruhan yang Menyentuh Eropa

Tim detikSport - detikJabar
Minggu, 02 Okt 2022 21:36 WIB
Police officers and soldiers stand amid tear gas smoke after clashes between fans during a soccer match at Kanjuruhan Stadium in Malang, East Java, Indonesia, Saturday, Oct. 1, 2022. Panic following police actions left over 100 dead, mostly trampled to death, police said Sunday. (AP Photo/Yudha Prabowo)
Tragedi Kanjuruhan. (Foto: AP/Yudha Prabowo)
Jakarta -

Tragedi Kanjuruhan mengundang perhatian berbagai pihak. Tak hanya di Indonesia, duka juga menyelimuti klub-klub Eropa.

Sejumlah klub Eropa pun kompak menyampaikan ungkapan duka atas insiden di Stadion Kanjuruhan, malang tersebut.

Dikutip dari detikSport, Presiden Hongaria Katalin Novak misalnya, mengungkap ucapan bela sungkawa lewat akun Twitter resminya.


"Doa saya untuk orang-orang di Indoensai setelah tragedi di Stadion Kanjuruhan di Malang, Indonesia. Saya menyampaikan bela sungkawa untuk keluarga korban," kata Katalin.

Hal senada diucapkan Manchester United. "Manchester United sangat beduka dengan tragedi di Malang, Indonesia. Kami mengucapkan bela sungkawa kepada para korban, keluarga mereka, dan semua orang yang terdampak," kata pernyaaan resmi MU.

Masih dari klub Liga Inggris, Liverpool juga mencuitkan ucapan belasungkawa. "Kami sangat berduka mendengar event di Stadion Kanjuruhan Malang, Indonesia. Seluruh orang di Liverpool mendoakan semua yang terdampak di saat ini," kata pernyataan Liverpool.

Di Prancis, Paris Saint-Germain juga tak ketinggalan menyampaikan duka. "Paris Saint-Germain mengucapkan bela sungkawa yang mendalam untuk keluarga dan orang tercinta yang meninggal dalam tragedi stadion di Malang Indonesia," kata PSG.

Sementara itu, di Spanyol, LaLiga memberikan perhatian khusus pada Tragedi Kanjuruhan. Ada bendera Indonesia, Merah-Putih, dihiasi pita hitam di keterangan skor saat siaran langsung.

Hal itu yang tampak dari pantauan detikSport dalam pertandingan Espanyol melawan Valencia, Minggu (2/10/2022). Laga-laga Liga Spanyol juga melakukan mengheningkan cipta sebelum laga atas tragedi meninggalnya 174 orang di stadion Kanjuruhan.

"Laliga dan RFEF telah menyepakati untuk mengheningkan cipta selama satu menit untuk menunjukkan belasungkawa kepada masyarakat Indonesia, terutama kerabat mereka yang meninggal dalam tragedi Stadion Kanjuruhan, di pulau Jawa, serta mendoakan agar mereka yang terluka cepat sembuh," tulis keterangan LaLiga.

"Mengheningkan cipta akan dilakukan di semua pertandingan yang masih akan dimainkan pada matchday 7 LaLiga dan matchday 8 LaLiga," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di detikSport dengan judul Tragedi Kanjuruhan: Ucapan Duka Klub Eropa Sampai Presiden Hongaria dan Tragedi Kanjuruhan: Ada Bendera Indonesia dan Pita Hitam di LaLiga

(orb/orb)