Progres Revitalisasi Stadion Sangkuriang Cimahi, Kapan Selesai?

Progres Revitalisasi Stadion Sangkuriang Cimahi, Kapan Selesai?

Whisnu Pradana - detikJabar
Selasa, 27 Sep 2022 22:30 WIB
Revitalisasi Stadion Sangkuriang
Revitalisasi Stadion Sangkuriang (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar)
Cimahi -

Proyek revitalisasi Stadion Sangkuriang, Kota Cimahi, terus dikebut demi mengejar target pengerjaan bisa rampung pada bulan Desember 2022 mendatang.

Revitalisasi stadion kebanggaan Kota Cimahi itu menelan anggaran senilai Rp 5,5 miliar. Berdasarkan pantauan detikJabar, Selasa (27/9/2022), sejumlah alat berat dan pekerja terus bekerja memadatkan permukaan lapangan dan membuat saluran drainase.

Kemudian pelaksana proyek juga meninggikan permukaan lapangan hingga 30 centimeter. Hal itu dilakukan supaya tak ada air yang menggenang jika hujan deras mengguyur kemudian air bisa langsung mengalir ke saluran yang telah tersedia.


"Hari ini saya cek proyek Stadion Sangkuriang. Sudah dibuat saluran sebagai resapan air. Jadi air di lapangan akan masuk ke dalam parit melalui pipa lalu mengalir ke drainase yang sudah dibuat," ungkap Wali Kota Cimahi Ngatiyana saat ditemui di Stadion Sangkuriang.

Meskipun dalam pelaksanaannya sejumlah faktor menjadi hambatan di antaranya cuaca yang tak menentu. Ngatiyana menegaskan proyek tersebut harus selesai tepat waktu.

"Untuk pengerjaannya harus bisa selesai sebelum Desember 2022. Pihak pengembang sudah sanggup, tapi kita tegaskan juga kualitas harus terjaga agar stadion ini bisa awet," kata Ngatiyana.

Sementara itu Bagian Administrasi Lapangan CV Sinar Agam Lestari, Rizal Arifin mengatakan progres pengerjaan revitalisasi stadion ini sudah 38 persen. Namun persentase pengerjaan terbesar ada pada tahap pemasangan rumput lapangan.

"Sekarang baru tahap pembuatan drainase. Kemudian dilanjutkan pada lapisan khusus, media tanah, baru pemasangan rumput standar FIFA dan peresapan standar FIFA juga," ujar Rizal.

Dia mengatakan, selama pengerjaan proyek ini pihaknya terkendala cuaca, apalagi beberapa hari ke belakang intensitas hujan cukup tinggi, sehingga kondisi ini menyebabkan proses pengerjaan sangat terganggu.

"Beberapa hari belakangan ini cuaca agak ekstrem, itu juga jadi kendala dalam pengerjaan ini. Mudah-mudahan bisa diselesaikan tepat waktu," ucap Rizal.



Simak Video "Stadion Sangkuriang Cimahi, Dulu Berjaya Kini Terbengkalai"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)