Kembalinya Karakter Permainan Persib Bandung di Tangan Budiman

Bima Bagaskara - detikJabar
Selasa, 16 Agu 2022 18:30 WIB
Caretaker Persib Budiman.
Caretaker Persib Budiman. (Foto: Bima Bagaskara/detikJabar)
Bandung -

Posisi pelatih Persib Bandung memang sedang kosong usai mundurnya Robert Alberts beberapa waktu lalu. Namun permainan Persib dianggap lebih meyakinkan dan kembali berkarakter.

Itu tidak terlepas dari peran Budiman, pria yang sebelumnya menjadi asisten dari Robert. Setelah pelatih asal Belanda itu mundur, manajemen Persib menunjuk Budiman sebagai caretaker atau pelatih sementara.

Namun Budiman mampu membuktikan kapasitasnya. Eks kapten Persija Jakarta di era 2000-an ini sukses mempersembahkan kemenangan pertama bagi Persib di Liga 1 2022 dengan mengalahkan PSIS Semarang.


Dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Sabtu (13/8/2022), Persib menang 2-1 lewat brace David da Silva. Terlepas dari kemenangan itu, kembalinya karakter bermain tim berjuluk 'Maung Bandung' menjadi sorotan.

Banyak yang menganggap Budiman mampu mengembalikan karakter Persib Bandung yakni bermain dari kaki ke kaki dengan umpan-umpan pendek.

Di laga melawan PSIS, Persib unggul dalam penguasaan bola dengan 61% berbanding 39%. Tidak hanya itu, Marc Klok cs juga mampu melakukan banyak operan dengan total 318 umpan sukses dan 73 umpan gagal. Itu menandakan taktik Budiman agar Persib bermain ala tiki-taka cukup berhasil.

Budiman mengungkapkan, skuad yang dimiliki Persib saat ini sangat berkualitas dan mempunyai kemampuan untuk menerapkan permainan satu dua sentuhan.

"Menurut saya pemain punya kualitas, sentuhan teknik sudah punya," kata Budiman usai memimpin latihan tim di Lapangan Persib, Selasa (16/8/2022).

Budiman mengungkapkan akan terus mengasah kemampuan para pemain agar pola permainan tersebut kedepannya bisa dimainkan dengan lebih baik lagi.

"Saya cuma memberikan sedikit perbedaan ya, lebih banyak ke passing pendek dan kemarin (lawan PSIS) babak kedua ada hasilnya. Mudah-mudahan ke depan lebih bagus lagi," ungkapnya.

Selanjutnya Persib akan ditantang tuan rumah PSS Sleman pada pekan kelima Liga 1 2022. Laga yang akan digelar di Stadion Maguwoharjo itu berlangsung pada Jumat (19/8/2022) besok.

Pembuktian Budiman yang dianggap telah mengembalikan jati diri permainan Persib kembali dinanti di laga tersebut. Apalagi hampir semua pemain Persib saat ini siap tampil, terkecuali Beckham Putra dan Victor Igbonefo yang masih berkutat dengan cedera.

(bba/orb)