Soccer Update

Bukan Titel, Ini yang Bikin CR7 Ungguli Messi di Ballon d'Or 2022

Muhammad Fadhil Raihan - detikJabar
Sabtu, 13 Agu 2022 21:30 WIB
Nominees for the Best FIFA football player, Barcelona and Argentina forward Lionel Messi (R) and Real Madrid and Portugal forward Cristiano Ronaldo (L) chat before taking their seats for The Best FIFA Football Awards ceremony, on October 23, 2017 in London. / AFP PHOTO / Ben STANSALL        (Photo credit should read BEN STANSALL/AFP via Getty Images)
Cristiano Ronaldo, Lionel Messi (Foto: AFP via Getty Images/AFP Contributor)
Bandung -

Majalah France Football merilis 30 nama kandidat peraih Ballon d'Or 2022. Dari 30 nama tersebut, ada nama Cristiano Ronaldo dan tidak ada nama Messi dan Neymar.

Dikutip dari detikSport, Sejak tahun 2006, Messi selalu masuk ke dalam nominasi peraih Ballon d'Or. Ini adalah pertama kalinya peraih Ballon d'Or terbanyak tidak masuk ke dalam daftar. Mengingat juga Messi adalah juara bertahan Ballon d'Or tahun 2021.

Padahal pada tahun ini Messi mampu membawa Paris Saint-Germain merengkuh gelar Liga Prancis dan timnas Argentina meraih juara Finalissima 2022.


Hal ini membuat publik mempertanyakan soal tidak adanya nama Messi di dalam daftar nominasi Ballon d'Or 2022. Sementara itu, ada nama Cristiano Ronaldo yang hanya mampu membawa Manchester United menduduki peringkat ke-6 Premier League.

Meskipun begitu, France Football sebut Ronaldo lebih pantas masuk ke nominasi daripad Messi. Hal ini karena tolak ukur Ballon d'Or dilihat dari statistik individu.

Ronaldo merupakan top scorer MU dengan mencetak 32 gol di seluruh kompetisi yang mana 18 gol di antaranya ia cetak di ajang Premier League. Ronaldo juga mencatatkan dua hat-trick tahun ini.

"Di Premier League, Ronaldo bikin 18 gol termasuk hat-trick dua kali. Total 32 gol dari 49 pertandingan, memang bukan statistik terbaik, tapi cukup untuk masuk 30 besar pemain terbaik dunia," ucap jurnalis France Football, Emmanuel Bojan dikutip dari Daily Mail.

Ronaldo juga mencatatkan diri sebagai top scorer internasional di level timnas sepanjang masa dengan 117 gol. Ronaldo juga berperan penting dalam kiprah MU di ajang Liga Champions.

Sementara itu, Messi hanya mampu mencatat 11 gol dan 15 assist di musim lalu.

(yum/yum)