Soccer Update

Risiko Bagi yang Berani Ambil Jatah Penalti dari Erling Haaland

Tim detikSport - detikJabar
Selasa, 09 Agu 2022 13:00 WIB
Manchester Citys Erling Haaland holds a ball prior the start of the English Premier League soccer match between West Ham United and Manchester City at the London Stadium in London, England, Sunday, Aug. 7, 2022. (AP Photo/Frank Augstein)
Erling Haaland. (Foto: AP/Frank Augstein)
London -

Para pemain Manchester City diwanti-wanti agar tidak mengambil jatah penalti. Sebab jatah penalti di The Citizens hanya milik Erling Haaland!

Haaland sendiri dikiritik habis-habisan usai tampil buruk saat Man City menghadapi Liverpool di Community Shield akhir pekan lalu. Pemain asal Norwegia itu banyak buang-buang peluang dan paceklik gol. City pun kalah 1-3.

Tapi kritik itu dibalas tuntas Haaland. Pep Guardiola yang memasang Haaland sebagai starter dalam laga perdana Liga Inggris melawan West Ham United pada Minggu (7/8/2022) malam WIB. Dua gol dicetak Haaland yang mengantar City menang 2-0.


Ini jadi catatan moncer tersendiri bagi Haaland. Ia jadi pemain kedua yang mencetak brace di laga debutnya bersama City di Liga Inggris setelah Sergio Aguero. Pemain asal Argentina itu melakukannya pada musim 2011.

Pep Guardola pun senang bukan kepalang. Selain bisa mencetak dua gol, Haaland membuktikan cepat bangkit usai dikritik habis-habisan.

Haaland juga tampil begitu santai kala melawan bek-bek mengerikan di Liga Inggris. Bahkan saat dilanggar Alponhse Areola yang berujung penalti, Haaland langsung mengambil bola. Dia jadi eksekutor penalti. Bagi Pep Guardiola, sikap ini menunjukkan Haaland punya mental baja.

"Saya belum mengenalnya betul, jadi kami butuh waktu untuk itu. Tapi saya tahu caranya mengatasi kritik dan begitu tenang. Saya pun tidak tahu bagaimana dia menanggapi pujian, kita lihat saja," ujar Pep Guardiola dikutip dari detikSport yang melansir dari EPSN.

Ia pun memuji Haaland yang mengeksekusi penalti. Tak ada rasa gugup yang diperlihatkan Haaland. Bahkan, menurutnya saking percaya dirinya Haaland mengeksekusi penalti, pemain Borrusia Dortmund itu bakal meninju rekan setim jika jatah penaltinya 'dicuri'.

"Tapi, saya suka caranya mengambil penalti, begitu percaya diri. Saya rasa dia akan memukul wajah rekan setim yang berani mengambil bola darinya, saya suka itu. Itu menunjukkan siapa dia sebenarnya," sambungnya.

Sementara jika melihat penampilan Erling Haaland sekarang, peran sebagai eksekutor penalti Man City bisa jadi sepenuhnya jadi miliknya. Apalagi Haaland memiliki catatan impresif dalam mengeksekusi penalti, 27 gol berhasil dilepaskan dari 29 kali kesempatan.

(orb/orb)