Tim yang Akan Dihadapi Indonesia pada FIFA Matchday

Tim detikSport - detikJabar
Kamis, 21 Jul 2022 21:00 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Rachmat Irianto (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Airfan Doloh (kanan) dalam pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Pemain Timnas Indonesia Rachmat Irianto. (Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba pada FIFA Matcday, September mendatang. Siapa lawan yang akan dihadapi tim asuhan pelatih Shin Tae-yong?

Dikutip dari detikSport, PSSI melalui Ketua Umum Mochamad Iriawan sempat memberikan kisi-kisi negara yang bakal jadi lawan bagi Timnas Indonesia, yakni tim asal Amerika Selatan dengan peringkat FIFA di kisaran 80-100.

Dari situ didapat Bolivia, anggota CONMBEOL, yang cocok dengan kriteria tersebut. Namun tebakan itu salah, sebab PSSI ternyata mau mengajak Curacao, negara Kepulauan kecil yang secara geografis berada di kawasan Amerika Selatan. Namun di sepak bola tergabung dalam zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF).


Pada rangking FIFA, Curacao punya peringkat lumayan. Di daftar terkini, negara yang warganya dominan berbahasa Belanda itu berada di urutan ke-84.

Hal ini cocok dengan kriteria PSSI yang mau Timnas Indonesia melawan tim dengan peringkat lebih baik. Selain Curacao, PSSI melakukan penjajakan dengan India (peringkat 101 FIFA) dan Hong Kong (peringkat 143 FIFA).

Hanya saja, peluang melawan Curacao terbilang kecil jika dibandingkan dua lawan lain. Sebab ada kendala vaksin COVID-19 yang menghambat skuad asuhan Art Langeler hadir ke Tanah Air.

"Saat ini PSSI sedang menjajaki untuk melakukan uji coba dengan negara Curacao, India, atau Hong Kong," tulis keterangan resmi PSSI.

"PSSI terus melakukan komunikasi dengan tiga negara itu. Tetapi, untuk Curacao ada kendala. Sebab sebagian pemain dan ofisial belum melakukan vaksin. Padahal, salah satu syarat untuk masuk Indonesia harus sudah vaksin," lanjut tulisan itu.

Sehingga nanti hanya dua nama yang akan dipilih sebagai lawan tanding Indonesia dalam jeda internasional berikutnya pada 19-27 September.

(ors/ors)