STY Ingin Rekrut Pemain Naturalisasi untuk Timnas U-19

Tim detikSport - detikJabar
Kamis, 21 Jul 2022 20:00 WIB
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menjawab pertanyaan detikSport dalam wawancara eksklusif.
Shin Tae-yong. (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Shin Tae-yong masih butuh pemain naturalisasi untuk mengisi skuad Timnas U-19. Ia membutuhkannya untuk beberapa sektor.

Pemain yang diinginnya adalah untuk posisi bek tengah, bek sayap, playmaker, dan gelandang bertahan.

Dikutip dari detikSport, keinginan itu disampaikan STY saat PSSI mengevaluasi kinerja sang pelatih di Kantor PT Liga Indonesia Baru (LIB), Rabu (20/7/2022). Pelatih asal Korea Selatan itu mengusulkan Timnas U-19 membutuhkan pemain naturalisasi buat Piala Dunia U-20.


Namun hingga kini Timnas U-19 belum memastikan pemain keturunan/naturalisasi yang akan memperkuat tim. Tiga pemain sempat dicoba, tapi hasilnya kurang memuaskan. Mereka adalah yakni Kai Boham, Jim Croque, dan Max Christoffel.

"Timnas U-19 membutuhkan pemain baru termasuk program naturalisasi. Ini harus dilakukan karena persaingan di Piala Dunia U-20 akan berjalan keras, ketat, dan berat sehingga dibutuhkan pemain yang benar-benar siap dari sisi apapun," kata Shin Tae-yong, dikutip dari laman PSSI.

Menurut STY, di Timnas U-19 ada beberapa kekurangan khususnya untuk posisi stoper, bek kiri dan kanan, pengatur serangan untuk melapisi Marselino, dan gelandang bertahan. Arkhan Fikri sebenarnya mampu menjalankan tugas dengan bagus saat menggantikan Marselino di Piala AFF U-19 2022.

"Skill juga bagus, tetapi tingginya kurang. Saat tampil di Piala Dunia U-20, kami akan menghadapi tim dengan postur yang tinggi-tinggi dan kekar. Jadi tentu di tim ini butuh pemain baru termasuk pemain naturalisasi." jelas Shin Tae-yong.

STY juga menyoroti pemain yang kurang percaya diri ketika menghadapi tim-tim yang lebih kuat. Hal itu harus diperbaiki karena saat Piala Dunia U-20, sebab Indonesia akan menghadapi tim-tim kuat dari Eropa, Amerika Latin, maupun Asia.

"Saya harus akui, soal kepercayaan, diri tim ini kurang pada awalnya. Termasuk mental, khususnya menghadapi tim-tim besar. Tetapi, perlahan pemain mulai bisa mengatasi masalah ini," kata Shin Tae-yong.

"Anda lihat di Piala AFF, mental itu mulai bisa teratasi dan itu harus terus dipertahankan saat menghadapi tim besar," tuturnya.

(ors/ors)