Dear Bobotoh, Jangan Nyanyi Lagu Rasis saat Piala Presiden

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Kamis, 09 Jun 2022 21:00 WIB
Ada Dilan hadir sebelum Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Foto: Wisma Putra
Bandung -

Polisi menemui Bobotoh Persib menjelang turnamen Piala Presiden 2022. Polisi turut mengimbau Bobotoh menjaga situasi kondusif termasuk tak menyanyikan lagu rasis.

"Iya sebisa mungkin korlap-korlap (koordinator lapangan) yang bakal mengkoordinir ya agar memang dalam koridor lagu-lagu Persib, Bobotoh," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung di Jalan Gurame, Kota Bandung, Kamis (9/6/2022).

Polisi menemui sejumlah perwakilan dari beragam kelompok Bobotoh. Dalam pertemuan tersebut, polisi juga mengajak Bobotoh sama-sama menjaga situasi kondusif.


"Kami sudah sampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada saudara-saudara dari Bobotoh agar pada perhelatan menggunakan GBLA nanti bisa menjaga keamanan, situasi kondusif dan setiap pertandingan berlangsung. Alhamdulillah sudah menyepakatinya," kata dia.

Polisi menemui sejumlah perwakilan kelompok bobotoh  di Jl Gurame, BandungPolisi menemui sejumlah perwakilan kelompok bobotoh di Jl Gurame, Bandung Foto: Dony Indra Ramadhan/detikJabar

Sementara itu, Ketua PSSI Kota Bandung Yoko Angga Surya menambahkan pihaknya siap mendukung pengamanan pertandingan selama Piala Presiden di Bandung. Termasuk meniadakan nyanyian-nyanyian mengandung rasis.

"Nanti itu (imbauan nyanyian rasis) sama korlapnya," ucap dia.

"Demi Persib ya semua harus mendukung pelaksanaan ini supaya tertib semua. Apalagi ini Piala Presiden, kalau Piala Presiden-nya ada kejadian nanti untuk liganya bisa enggak di sini lagi. Kan rugi untuk semua, untuk Persib untuk Bobotoh," kata dia menambahkan.

Seperti diketahui, Piala Presiden akan segera bergulir. Bandung menjadi salah satu daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah gelaran pramusim itu.

Adapun rencananya, ada empat tim yang berlaga di Bandung yakni Persib Bandung, Bali United, Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC.

(dir/yum)