Ketum PSSI Bicara Dugaan Sepak Bola Gajah Barito vs Persib

Hakim Ghani - detikJabar
Jumat, 22 Apr 2022 01:00 WIB
Ketum PSSI M Iriawan.
Ketum PSSI M Iriawan. (Foto: Hakim Ghani/detikJabar)
Garut -

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan angkat bicara mengenai gugatan yang dilayangkan kepada PSSI atas dugaan kasus sepak bola gajah dalam pertandingan Barito Putera melawan Persib Bandung.

Hal tersebut disampaikan Iriawan di sela-sela kegiatan Safari Ramadan Ketum PSSI di Hotel Santika, Garut, Kamis (21/4/2022).

Iriawan mengatakan, sebagai masyarakat yang tinggal di negara hukum, warga negara berhak melakukan gugatan dan pihaknya menghargai proses tersebut.


"Saya rasa, kalau gugatan, ini adalah negara hukum silakan saja. Yang penting kita sudah bekerja dengan baik," ungkap Iriawan.

Sejumlah pihak mencurigai terjadinya praktik sepak bola gajah dalam laga Barito Putera vs Persib Bandung di pekan terakhir Liga 1 2021-2022 lalu. Dalam skor yang berkesudahan hasil imbang 1-1 itu, kedua tim diduga terlibat pengaturan skor.

Dikutip dari detiksport, Persib Bandung dan Barito Putera digugat ke pengadilan atas dugaan sepak bola gajah. PSSI dan pemain Persib, David da Silva juga termasuk yang ikut digugat atas hal serupa.

Gugatan ini dilayangkan Emilianus Tikuk, Yan Piet Sada, Yulianus Dwaa, dan Paul Finsen Mayor dengan nomor perkara 211/Pdt.G/2022/PN Jkt. Pst. Yang didaftarkan pihak tersebut ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 14 April 2022 lalu.

Iriawan menilai, Persipura terdegradasi atas kesalahan sendiri. Sebab, jika Persipura tampil baik di Liga 1, mereka tidak akan terdegradasi.

"Dia tidak masuk atau degradasi menyalahkan yang lain. Saya kira dia kalau nilainya bagus ya enggak akan degradasi," katanya.

Iriawan mengaku pihaknya telah bekerja dengan baik, termasuk memastikan tidak adanya praktik pengaturan skor pada Liga 1 2021-2022 ini. Meski begitu, PSSI siap mengikuti proses hukum.

"Yang terakhir (tuntutannya) belum lihat. Yang jelas dia komplain adanya dugaan pengaturan atau permainan di antara Persib dan Barito," tutup pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.



Simak Video "Begal Dikeroyok Warga di Bandung, Disebut Sempat Todongkan Pistol"
[Gambas:Video 20detik]
(ors/bbn)