Sudirman Effect yang Harus Diwaspadai Persib

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Selasa, 01 Mar 2022 11:03 WIB
Persija Jakarta.
Persija Jakarta. (Foto: Istimewa/PT LIB)
Jakarta -

Persija Jakarta sudah menyiapkan jurus jitu untuk mengalahkan Persib Bandung kedua kalinya di BRI Liga 1 2021. Berbagai persiapan sudah dilakukan.

Yang tak kalah penting, mental pemain juga sudah digembleng. Sebab, mental akan turut jadi penentu hasil akhir dalam pertandingan besar bertajuk 'el Clasico Indonesia' tersebut.

"Ya, mental salah satu elemen penting dalam permainan fisik, teknik. Itu paling penting," ucap pelatih Persija Sudirman.


Laga sarat gengsi tersebut rencananya digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Selasa (1/3/2022) malam ini. Sudirman mengatakan pemain Persija harus percaya diri guna membawa hasil positif.

"Kita harus percaya diri. Kita harus bekerja dari awal, berjuang sampai akhir. Sehingga kalau kita sudah berjuang dari awal sampai akhir hasilnya akan baik bagi kita," tuturnya.

Sudirman sendiri jadi aktor penting di balik kejayaan Persija pada 2021. Dia membidani kemenangan dua kali Persija atas Persib di final Piala Menpora 2021.

Sehingga, Sudirman berpeluang menambah catatan positifnya jika bertemu Persib. Hal ini yang harus diwaspadai ekstra oleh Persib. Sebab, racikan Sudirman terbukti sangat jitu dalam menghancurkan Persib.

Maman Abdurahman menghadang pemain Persipura Ferinando Pahabol.Maman Abdurahman menghadang pemain Persipura Ferinando Pahabol. (Foto: Istimewa/PT LIB)

Lawan Persib Tak Spesial

Sementara itu, bek Persija Maman Abdurahman menyebut para pemain sudah mempersiapkan diri dengan maksimal. Menurut Maman, siapapun lawannya, kontesten BRI Liga 1 2021 merupakan tim-tim yang berat.

"Buat saya sebagai pemain mempersiapkan diri untuk pertandingan berikutnya. Setiap lawan yang dihadapi berat, bagus, saya punya target siapapun lawannya harus memenangkan," ujarnya.

Dia pun memandang duel melawan Persib bukan laga istimewa. Meski pernah bermain untuk Persib, menghadapi mantan tim sama seperti menghadapi tim-tim lainnya.

"Sama seperti sekarang, tidak ada yang spesial. Semua lawan di liga ini bagus, berat, dan saya harus fokus bagaimana harus kerja keras, kerja sama tim bisa diaplikasikan seperti yang sudah coach berikan di latihan," ucap Maman.



Simak Video "Momen Anggota DPRD Garut Ngamuk, Gebrak Meja-Banting Mic saat Rapat"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/orb)