Pemkab Sumedang Bakal Adopsi Sistem Pendidikan Finlandia

Pemkab Sumedang Bakal Adopsi Sistem Pendidikan Finlandia

Dea Duta Aulia - detikJabar
Sabtu, 26 Nov 2022 08:43 WIB
Pemkab Sumedang
Foto: Dok. Pemkab Sumedang
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten Sumedang bakal mengadopsi sistem pendidikan Finlandia. Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan lesson learned atau makna yang bisa diambil dari sistem pendidikan di Finlandia adalah pentingnya hati dan pikiran dalam merumuskan kebijakan bidang pendidikan.

"Pendidikan merupakan masa depan sebuah bangsa. Kita adopsi dan adaptasi sistem pendidikan di Finlandia yang bagus ini. Kita akan berikan perhatian serius terhadap dunia pendidikan dengan menghadirkan hati dan pikiran," kata Dony dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/11/2022).

Selain itu, ia menuturkan pihaknya juga akan menjalin kolaborasi untuk meningkatkan kompetensi guru. Sehingga mampu menciptakan peserta didik yang lebih berkualitas.


"Kita tingkatkan kompetensi guru, optimalkan kolaborasi dan sinergi pemerintah dengan semua stakeholders, kita akan berikan perhatian khusus kepada anak didik dengan keunikannya, serta optimalkan merdeka belajar dengan menjadikan semua sekolah dan guru sebagai penggerak," ujarnya.

Menurutnya, ada satu hal yang tidak kalah penting yang bakal tetap diperhatikan yakni membangun karakter guru dan siswa sehingga mampu menghasilkan pribadi baik. Terakhir, ia turut mengucapkan selamat Hari Guru. Menurutnya, guru memiliki peran yang besar dalam mendorong kemajuan Indonesia.

"Selamat Hari Guru. Insyaallah Pemda Kabupaten Sumedang juga akan makin serius memacu penguatan karakter guru, serta memperhatikan kesejahteraannya," tutupnya.

(akn/ega)