Bupati Garut Akan Ajak 10 Orang Lakukan Studi Tiru Kopi ke Vietnam

Bupati Garut Akan Ajak 10 Orang Lakukan Studi Tiru Kopi ke Vietnam

Angga Laraspati - detikJabar
Senin, 03 Okt 2022 08:56 WIB
Bupati Garut Rudy Gunawan
Foto: Pemkab Garut
Jakarta -

Bupati Garut Rudy Gunawan akan mengajak 10 orang penggagas acara Ngopi di Pengkolan untuk berangkat ke Ho Chi Minh City, Vietnam. Mereka akan melakukan studi tiru bagaimana di tempat tersebut kopi bisa menjadi daya tarik wisatawan.

"Sehingga saya berharap nanti APBD akan memberikan untuk studi tiru bagaimana kopi itu dibuat sedemikian rupa tidak terlalu mahal, tetapi enak dan juga memang disukai, karena café di Garut ini sudah luar biasa banyaknya selalu menampilkan kopi," ucap Rudy dalam keterangan tertulis, Senin (3/10/2022).

Ia berharap nantinya dengan studi tiru tersebut bisa merekonstruksi bisnis kopi di Kabupaten Garut. Hal ini dikatakannya di acara Ngopi di Pengkolan yang diselenggarakan oleh Vortable.id bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro (Diskop UKM) Garut, Bank BJB Cabang Garut, dan pihak lainnya,


Menurut Rudy sesuatu yang akan dipasarkan itu perlu ditampilkan hingga dirasakan, sehingga ia menyambut baik event Ngopi di Pengkolan yang digelar dalam rangka International Coffee Day ini.

"Ini adalah bagian daripada ekonomi kreatif di antaranya menyangkut subtema kuliner, kuliner itu apapun, tapi kopi ngopi bagian daripada kuliner. Oleh sebab itu saya memberikan penghargaan dan apresiasi kepada penggagas Kang Erwin dan kawan kawan ya tadi, yang juga telah memberikan satu pembuktian bahwa kuliner di Kabupaten Garut akan menjadi bagian yang bisa memberikan daya tarik orang berkunjung ke Garut," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Vortable yang juga selaku ketua panitia acara, Dhani Omar Dien, berharap kegiatan Ngopi di Pengkolan bisa terus berkelanjutan setiap tahun.

Selain itu, pihaknya juga berkeinginan bisa membantu para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Garut dengan membuat event produk khas Garut yang lainnya.

"Mungkin nanti produk-produk yang lain kita bikin sehingga makanan atau produk khas Garut punya ciri khas tersendiri yang punya agenda event per tahun, pak, (seperti) di tahun ini kita punya bakso aci, di bulan ini kita ada kopi, di bulan apa kita ada dodol, burayot atau apapun yang lainnya, mudah-mudahan semua bisa terlaksana dan Bapak Bupati selalu mendukung," imbuhnya.



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)