Syarat Mudah Ikut Ekskul Balap Motor di SMK Korpri Majalengka

Erick Disy Darmawan - detikJabar
Kamis, 04 Agu 2022 13:45 WIB
Ekstrakurikuler balap motor di SMK Korpri Majalengka.
Ekstrakurikuler balap motor di SMK Korpri Majalengka. (Foto: Istimewa)
Majalengka -

Ekstrakurikuler balap motor Road Race dan Grasstrack hanya ada di SMK Korpri Majalengka. Ekskul ini baru berjalan sekitar empat tahun yang lalu.

Ekskul cukup anti-mainstream ini terbilang hanya ada satu-satunya di Kabupaten Majalengka. Adapun syarat untuk mengikuti ekskul tersebut, cukup mendapat izin dari orang tua.

"Ekskul Road Race dan Gestrack itu memang ketat persyaratannya, diantaranya harus ada izin orang tua dan lainnya," kata Kepala Sekolah SMK Korpri Majalengka, Rahmad Hidayat.


Bagi pelajar yang tidak memiliki kendaraan tapi mempunyai minat untuk mengikuti ekskul ini tidak dilarang. Sekolah telah menyediakan alat keamanan hingga kendaraannya.

"Kalau yang tidak punya kendaraan, kita fasilitasi, mulai dari safety-nya sampai kendaraannya. Kita motor ada dua unit. Betul, asalkan ada izin orang tuanya aja, kita izinkan," ujar dia.

Selain izin orang tua, siswa atau siswi yang bisa mengikuti ekskul ini adalah kelas 10 dan 11. Pasalnya, kelas 12 mulai difokuskan untuk ujian kelulusan.

"Road race dan Grasstrack tuh memang salah satu ekstrakurikuler yang banyak peminatnya. Tapi kami batasi, hanya kelas 10 dan 11 aja yang masih bisa mengikuti ekskul tersebut," jelas dia.

Disampaikan Rahmad, latihan ekstrakurikuler ini digelar seminggu sekali. Untuk Road Race mereka biasa latihan di sirkuit Cibatu, Majalengka. Sedangkan lokasi latihan ekstrakurikuler Gestrack di daerah Maja.

"Latihan minimalnya satu minggu sekali, kecuali ada turnamen baru kita tingkatkan durasi latihannya. Pelatihnya alhamdulilah ada guru yang punya potensi untuk melatih balap motor tersebut," kata dia.

(ors/ors)