Keren euy! 3 Band Metal Indonesia Bakal Manggung di Jerman

Wisma Putra - detikJabar
Kamis, 21 Jul 2022 10:50 WIB
Band Burgerkill
Burgerkill. (Foto: istimewa/dok Burgerkill)
Bandung -

Tiga band metal Indonesia asal Bali, Garut, dan Bandung bakal tampil dalam festival band metal tersebar di dunia Wacken Open Air 2022 di Jerman pada 4-6 Agustus 2022.

Tiga band metal itu yakni, Ludicia asal Denpasar Bali, Voice of Baceprot (BOV) asal Garut, dan Bugerkill asal Kota Bandung.

Juri Internasional Wacken 2022 Man Jasad mengatakan, Wacken Open Air 2022 adalah festival musik terbesar tahun ini yang digelar di Nuremberg, Jerman.


"Wacken itu kalau di kita nama kecamatan lah, dengan luasan tempat festivalnya 240 hektare lebih, ada beberapa panggung di dalamnya, ada 8-10 panggung. Ini jadi destinasi musik metal terbesar di dunia. Ini jadi hub, istilahnya belum mabrur jadi anak metal kalau belum ke Wacken, buat metal head," kata Man Jasad dalam wawancara khusus dengan detikJabar, Kamis (21/7/2022).

Voice of Baceprot. Foto: detik

Man mengungkapkan, dari tahun 2014 Wacken membuat program Wacken Metal Battle untuk memasilitasi band-band dari berbagai negara agar bisa tampil dalam festival band metal tersebar di dunia itu. Man pun menjadi juri sejak beberapa taun ke belakang pada festival tersebut.

"Alhamdulillah dari 2017 saya mendapatkan lisensi untuk menyelenggarakan Wacken Metal Battle Indonesia dan menjadi juri Indonesia dan juri perwakilan Asia. Bagi saya jadi juri di situ bukan hanya penilaian para pemain, tetapi juga ajang diplomasi berbicara komunitas Indonesia di ranah musik global, tentang eksistensi anak-anak Indonesia di tingkat global," ungkapnya.

Menurut Man, dalam festival ini BOV dan Burgerkill bakal tampil di panggung reguler dan Ludicia akan tampil di panggung metal battle.

Ludicia, unit melodic death metal asal Bali bakal melawat ke Jerman dan tampil di panggung Wacken Open Air.Ludicia. Foto: Instagram ludiciaofficial

"Perwakilan Indonesia awalnya tahun 2017 yaitu Band Bandung Beside, tahun 2028 Down for Live dari Solo, 2019 Taring dari Bandung. Jasad pernah perform Tahub 2018 di panggung mediumnya," tuturnya.

"Kalau sekarang yang Ludicia saja yang battel-nya, dua lagi ikut melalui proses diplomasi dan apply, jadi band itu jangan malas, harus rajin kontak-kontakan, kita tidak akan sekonyong-konyong diundang mereka. Mau nggak mau bandnya harus berperan aktif berkomunikasi dengan berbagai event di dunia dengan booking agensi dan label dunia," pungkasnya.

(wip/ors)