Jabar Mendunia

Grup Musik Asal Majalengka LAIR Bakal Lakoni Tur Tiga Benua

Erick Disy Darmawan - detikJabar
Kamis, 24 Feb 2022 06:06 WIB
Grup musik asal Majalengka LAIR akan melakukan tur ke tiga benua.
Grup musik asal Majalengka LAIR akan melakukan tur ke tiga benua (Foto: istimewa)
Majalengka -

LAIR merupakan grup musik asal Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, yang lahir dari komunitas Jatiwangi art Factory (JaF). Grup musik ini dikabarkan segera melakukan tur ke berbagai negara di tiga benua.

Vokalis LAIR, Ika menyampaikan, dalam tur dunia itu, mereka akan melakukan konser musik dengan mengangkat ciri khas yang sudah melekat pada grup musiknya. Adapun, negara pertama yang akan dikunjunginya itu adalah Kanada.

"1 Maret kita akan mulai melakukan perjalanan. Di Kanada akan berkolaborasi dengan seniman di sana. Di Kanada kita diundang ke acara Toronto Biennial of Arts," kata Ika dalam keterangan yang diterima detikJabar, Rabu (23/2/2022).


Selain Kanada, LAIR juga akan melakukan perjalanan ke Eropa, salah satunya Jerman. Di negara tersebut, LAIR akan mengisi acara di event festival terbesar, documenta fifteen.

"Singgah di sana, di Kassel. Documenta adalah salah satu acara seni kontemporer tertua di dunia, dimulai tahun 1955, berlangsung tiap 5 tahun sekali dan melahirkan seniman-seniman besar kelas dunia. Terakhir ke Asia, tepatnya Filipina," jelas dia.

Berbeda dengan grup musik pada umumnya saat melakukan tur internasional, yang digunakan sebagai ajang promo lagu atau album baru. Bagi LAIR, perjalanan itu justru bisa menjadi awal dari munculnya lagu atau bahkan album baru.

"Kebalikan dari grup Band. Kita kan di sana akan ada kolaborasi dengan seniman setempat. Nah, nanti kami lakukan proses rekaman juga. Jadi, setelah beres tur, akan ada sesuatu yang baru, entah dalam bentuk lagu atau album," papar dia.

Kendati berkolaborasi dengan seniman setempat, LAIR dipastikan akan tetap dengan genre yang selama ini diusungnya. "Nanti juga akan ada obrog-obrog. Di Kanada kita akan usung konsep Obrog-obrog, tradisi warga Pantura saat bulan puasa," jelas dia.



Simak Video "Via Udara, Basarnas Sisir Lokasi Gempa Cianjur yang Terisolir"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/bbn)