Rahasia Jepang Libas Jerman di Piala Dunia Qatar 2022

Piala Dunia Qatar 2022

Rahasia Jepang Libas Jerman di Piala Dunia Qatar 2022

Tim detikSport - detikJabar
Kamis, 24 Nov 2022 18:30 WIB
23 November 2022, Qatar, Ar-Rayyan: Soccer: World Cup, Germany - Japan, preliminary round, Group E, Matchday 1, Khalifa International Stadium. Japans Takuma Asano (r) scores against Germanys Nico Schlotterbeck (M) and Germanys goalkeeper Manuel Neuer for 1-2. Photo: Robert Michael/dpa (Photo by Robert Michael/picture alliance via Getty Images)
Jerman vs Jepang (Foto: Getty Images)
Bandung -

Jepang mampu menumbangkan Jerman 2-1 di Piala Dunia 2022, meski pun Samurai Biru terus-terusan mendapatkan tekanan dari sejak babak pertama. Lalu apa rahasia Jepang ?

Dikutip dari detikSport, Jerman unggul di atas kertas sebelum laga dimulai. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 1-0 via penalti Ilkay Guendogan.

Jepang bangkit di babak kedua. Mereka comeback lewat dua gol dari Ritsu Doan dan Takuma Asano dalam tempo delapan menit (di menit ke-75 dan menit ke-83).


Jepang sebenarnya ditekan terus oleh Jerman. Lihat saja, Die Mannschact unggul penguasaan bola 74 persen berbanding 26 persen.

Jerman juga unggul dalam tembakan ke gawang, sembilan berbanding empat. Tapi Jepang, mampu lebih efektif!

Hal tersebut disampaikan pelatih Jepang, Hajime Moriyasu. Hajime tahu betul kalau Jerman akan agresif, maka timnya kemudian 'mengalah'.

"Sejak awal sebenarnya kami mau bermain agresif, tapi agresi Jerman lebih tinggi. Itu tidak mengherankan," ujarnya seperti dilansir dari The Guardian.

Barulah setelah itu, Jepang bermain lebih bersabar untuk mendapatkan momentum. Selain itu, para pemain Jepang juga berani adu sprint dan duel udara menghadapi para pemain Jerman dengan postur tubuh yang lebih besar dan tinggi!

"Skuad kami bermain dengan cerdas, sangat cerdas. Mereka kemudian gigih berjuang," jelas Hajime Moriyasu.

"Kami juga punya beberapa pemain yang main di Bundesliga dan Liga Inggris. Mereka bertarung di liga-liga terkuat di dunia dan jadi kekuatan kami," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di detikSport dengan judul Jepang Habisi Jerman, Apa Rahasianya?

(yum/yum)