Berkas Pledoi Doni Salmanan Belum Siap, Sidang Ditunda Pekan Depan

Berkas Pledoi Doni Salmanan Belum Siap, Sidang Ditunda Pekan Depan

Yuga Hassani - detikJabar
Kamis, 24 Nov 2022 15:31 WIB
Sidang tuntutan Doni Salmanan
Sidang Doni Salmanan (Foto: Yuga Hassani/detikJabar).
Kabupaten Bandung -

Sidang pembacaan pledoi atau pembelaan terdakwa kasus penipuan aplikasi Quotex Doni Salmanan ditunda. Pasalnya berkas pledoi dari Doni Salmanan belum siap.

Sidang lanjutan kasus penipuan itu digelar di PN Bale Bandung, Kamis (24/11/2022). Sidang itu tidak berlangsung lama, karena Kuasa Hukum Doni Salmanan, Ikbar Firdaus meminta kepada majelis hakim ketua Achmad Satibi untuk menunda jalannya sidang Pledoi.

"Izin yang mulia, kami meminta adanya penundaan persidangan," ujarnya dalam persidangan di PN Bale Bandung, Kamis (24/11/2022).


Pihaknya menjelaskan alasan penundaan tersebut karena pihak kuasa hukum masih melengkapi berkas atau data-data yang akan dibacakan dalam pledoi. Sehingga berkas tersebut akan dilengkapi.

"Soalnya kita masih melengkapi data-data atau berkas buat Pledoi," katanya.

Ikbar menambahkan apalagi jeda sidang terdakwa Doni Salmanan hanya berjarak satu pekan. Makanya pihak kuasa hukum Doni Salmanan meminta majelis hakim untuk memberinya waktu.

"Apalagi kita hanya dikasih waktu cuma seminggu. Jadi belum rampung (berkasnya)," jelasnya.

Dia menegaskan akan memasukkan pembelaan dalam berkas Pledoi terkait tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) kurungan penjara selama 13 tahun.

"Kita akan urai dalam pledoi pembelaan kita seperti apa. Nanti kita akan bacakan juga dalam pledoinya," ucapnya.

Ikbar menginginkan dengan adanya pledoi yang dibacakan nanti, bisa menjadi bahan pertimbangan hakim. Sehingga kliennya bisa divonis lebih ringan.

"Ya mudah-mudahan, dari alasan pledoi kita, terus dengan fakta-fakta yang sudah dihadirkan, dan bukti-bukti yang sudah dihadirkan. Bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk majelis hakim," bebernya.

Setelah persidangan majelis hakim ketua Achmad Satibi menyetujui penundaan sidang tersebut. Kemudian sidang Nota Pembelaan atau Pledoi akan digelar pada Kamis, 1 Desember 2022 pekan depan.

(mso/mso)