6 Pencuri Ditangkap di Sumedang, 12 Motor Jadi Barang Bukti

6 Pencuri Ditangkap di Sumedang, 12 Motor Jadi Barang Bukti

Nur Azis - detikJabar
Kamis, 29 Sep 2022 22:20 WIB
6 pelaku curanmor di Sumedang ditangkap polisi.
6 pelaku curanmor di Sumedang ditangkap polisi (Foto: Nur Azis/detikJabar).
Sumedang -

Polisi menangkap 6 pelaku pencurian sepeda motor dengan berbagai modus di wilayah Kabupaten Sumedang. Sebanyak 12 unit sepeda motor disita.

Dari 6 orang tersangka itu, 3 orang di antaranya merupakan pelaku pencurian dengan pemberatan (curat). Kemudian, 2 orang merupakan pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) dan 1 orang lainnya merupakan pelaku penipuan penggelapan.

Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan menjelaskan kasus tersebut dilakukan oleh kelompok yang sama di TKP berbeda. Dari hasil pengungkapan kasus tersebut, pihaknya berhasil mengamankan sebanyak 12 unit sepeda motor.


"Ada sebanyak 12 unit sepeda motor sebagai barang bukti utama yang berhasil diamankan dari masing-masing TKP," ungkap Indra.

Indra menyebutkan kasus curat dilakukan di dua TKP, yakni Kecamatan Buahdua dan Kecamatan Tanjungmedar. Dari pengungkapan kasus ini, ada sebanyak 8 unit sepeda motor yang berhasil diamankan.

"Kemudian di Sumedang Utara ada 1 unit sepeda motor juga yang berhasil diamankan dari hasil pengembangan kasus curat itu," ujarnya.

Sementara untuk kasus penipuan dan penggelapan serta kasus curas, sambung Indra, masing-masing di antaranya ada 1 unit dan 2 unit sepeda motor yang berhasil diamankan.

Indra menjelaskan modus yang dilakukan oleh 3 tersangka curat, yakni dengan membobol kunci sepeda motor yang ditinggalkan oleh pemiliknya.

"Sepeda motor itu dibobol dengan menggunkan kunci T dengan sasaran sepeda motor yang terparkir di depan rumah yang ditinggal penghuninya dan tidak berpagar, kemudian tempat lainnya itu sepeda motor yang terparkir dipinggir jalan saat pemiliknya berangkat berkebun," paparnya.

Sementara untuk kasus curas, modus pelaku yakni dengan cara memepet motor korban lalu melakukan tindak kekerasan.

"Pelaku yang sama-sama mengendarai motor, itu memepet korbannya lalu memukul bagian tubuh korban, saat korban terjatuh pelaku lalu membawa kabur motor korbannya," ucap Indra.

"Kemudian untuk pelaku tipu gelap, si pelaku dia pura-pura meminjam motor korban yang pura-pura akan menjemput istrinya, lalu membawa kabur motor tersebut," Indra menambahkan.

Akibat perbuatannya, para tersangka masing-masing dijerat pasal diantaranya untuk pelaku curat dikenakan pasal 363 dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. Kemudian untuk pelaku curas dikenakan pasal 365 dengan ancaman hukum penjara 9 tahun.

"Dan pelaku tipu gelap dikenai pasal 378 dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun," ujarnya.

(mso/mso)