Ganja hingga Tembakau Gorila di Cimahi Dibakar Jaksa!

Whisnu Pradana - detikJabar
Kamis, 22 Sep 2022 14:48 WIB
Ganja dibakar jaksa di CImahi
Ganja dibakar jaksa di CImahi (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar)
Bandung Barat -

Kobaran api dan asap hitam membumbung dari dua buah tong besi tempat pembakaran sejumlah barang bukti yang dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cimahi.

Pemusnahan itu dilakukan pada Kamis (22/9/2022) di halaman Kejari Cimahi. Sejumlah barang bukti yang dimusnahkan dengan cara dibakar yakni ganja kering siap edar, tembakau sintetis, serta barang-barang lain yang digunakan pelaku.

Kepala Kejari Cimahi Rosalina Sidabariba mengatakan total barang bukti narkotika jenis ganja yang dimusnahkan sebanyak 2.506 gram. Kemudian 142 gram tembakau sintetis siap edar.


"Hari ini kita musnahkan 2.506 gram ganja dan tembakau sintetis. Ada barang-barang pelaku yang kita bakar juga," ujar Rosalina kepada wartawan.

Selain itu barang bukti lain yang dimusnahkan yakni 199,5 gram sabu, 395 botol minuman keras, serta 3.378 butir obat terlarang seperti exymer, trihexyphenydil, alprazolam, tramadol, dan jenis lainnya.

"Pemusnahannya kita blender lalu kita buang semuanya. Untuk terpidananya enggak ada yang berkaitan dengan jaringan lembaga pemasyarakatan (lapas)," tutur Rosalina.

Pemusnahan tersebut hasil dari perkara yang ditangani sejak bulan Maret hingga September 2022 ini. Kemudian perkara tersebut putusan pengadilannya sudah inkrah.

"Hari ini pemusnahannya daru perkara-perkara yang sudah inkrah putusan pengadilannya, jadi tidak ada lagi upaya hukum atau BB tidak dipakai di perkara lain sehingga benar-benar BB ini sudah final untuk dilaksanakan pemusnahan," kata Rosalina.

Perkara paling banyak yang ditangani yakni peredaran narkotika jenis ganja dan obat-obatan terlarang. Namun tak disebutkan dengan pasti berapa jumlah terpidana untuk perkara tersebut.

"Perkara paling banyak itu narkotika seperti ganja, sabu, dan obat terlarang. Jumlah terpidananya juga cukup banyak, kemudian hukuman sesuai pasal yang dikenakan," tutur Rosalina.



Simak Video "Polisi Buru Pria Bawa Kardus Isi Ganja 32 Kg di Deli Serdang"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)