Usut Dugaan Kasus Mafia Tanah di Sukabumi, Kejati Jabar Periksa 2 Kades

Usut Dugaan Kasus Mafia Tanah di Sukabumi, Kejati Jabar Periksa 2 Kades

Tim detikJabar - detikJabar
Jumat, 16 Sep 2022 11:26 WIB
Kantor baru Kejati Jabar di pusat Kota Bandung
Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom Kantor Kejati Jabar di pusat Kota Bandung
Bandung -

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat tengah mengusut kasus dugaan mafia tanah di Kota Sukabumi. Sejumlah kepala desa (Kades) di Kabupaten Sukabumi diperiksa.

Informasi dihimpun, ada dua kades yang diperiksa terkait kasus dugaan mafia tanah tersebut. Adapun kasus ini berkaitan dengan dugaan penjualan tanah negara di kawasan cagar budaya Kota Hiroshima 2 Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi. Pemanggilan kades dilakukan beberapa hari lalu.

"Iya betul pemanggilan itu (dua kades)," ujar Kasipenkum Kejati Jabar Sutan Harahap kepada detikJabar, Jumat (16/9/2022).


Sutan menuturkan pemanggilan tersebut dilakukan untuk meminta keterangan terkait laporan yang diadukan masyarakat ke Kejati Jabar.

"Pemanggilan Kepala Desanya, jadi dipanggil untuk dimintai keterangan dulu," kata Sutan.

Menurut Sutan objek yang diselidiki merupakan lahan tanah yang di dalamnya termasuk cagar budaya. Meski begitu, pihaknya belum bisa menjelaskan secara rinci sebab masih dalam penyelidikan.

"Jadi tim masih memeriksa nanti apa hasilnya kita sampaikan. Masih dalam proses (penyelidikan), kita lihat arahnya kemana," tuturnya.

"Intinya masih dalam penyelidikan. Perkembangannya nanti setelah hasil pemeriksaan," kata dia menambahkan.



Simak Video "Respons Pihak Nirina Zubir soal Vonis Para Tersangka Kasus Mafia Tanah"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)