258 Narapidana di Lapas Tasikmalaya Dapat Remisi HUT RI

Faizal Amiruddin - detikJabar
Rabu, 17 Agu 2022 09:29 WIB
Napi di Lapas Tasikmalaya mendapat remisi kemerdekaan.
Foto: Faizal Amiruddin
Tasikmalaya -

Sebanyak 258 narapidana penghuni Lapas Tasikmalaya mendapatkan remisi umum 17 Agustus 2022. Pengurangan masa kurungan itu didapatkan narapidana dengan masa yang berbeda-beda. Mulai dari pengurangan masa kurungan 1 bulan sampai 5 bulan.

"Ada 258 narapidana yang mendapatkan remisi umum 17 Agustus 2022, dengan pengurangan masa kurungan yang berbeda-beda," kata Kepala Lapas IIB Tasikmalaya Davy Bartian, Rabu (17/8/2022).

Dia memaparkan narapidana yang mendapat remisi 1 bulan berjumlah 123 orang, remisi 2 bulan sebanyak 67 orang, remisi 3 bulan sebanyak 54 orang, remisi 4 bulan sebanyak 13 orang dan remisi 5 bulan sebanyak 1 orang.


"Pemberian remisi ini tentu saja memperhatikan ketentuan dan persyaratan, termasuk di antaranya perilaku warga binaan selama menjalani hukuman," kata Davy.

Sebelumnya pihak Lapas Tasikmalaya mengusulkan remisi umum 17 Agustus 2022 sebanyak 269 orang. Namun yang disetujui atau sudah turun suratnya sebanyak 258 orang.

Selain itu pihak Lapas Tasikmalaya juga tidak memberikan atau tidak mengusulkan remisi kepada narapidana tertentu. Misalnya narapidana dengan hukuman kurang dari 6 bulan, narapidana vonis seumur hidup dan narapidana dengan kasus korupsi.

"Ada sebanyak 114 warga binaan yang tidak kami usulkan untuk mendapatkan remisi, karena belum memenuhi persyaratan mendapatkan remisi. Termasuk di dalamnya 3 orang narapidana tindak pidana korupsi," kata Davy.

Sementara itu upacara peringatan HUT RI di Lapas Tasikmalaya dipimpin oleh Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin. Dia menyerahkan secara simbolis penyerahan remisi kepada perwakilan narapidana.

"Untuk yang sedang menjalani cobaan dan ujian di dalam penjara, jangan berkecil hati. Yakin suatu saat kita akan kembali bebas dan menjadi pribadi yang lebih baik. Jalani pembinaan ini dengan keikhlasan," kata Cecep.

(mso/mso)