Kabar Nasional

Motif Penembakan Brigadir J yang Tak Bisa Diungkap ke Publik

Tim detikNews - detikJabar
Kamis, 11 Agu 2022 09:03 WIB
Profil Irjen Ferdy Sambo, Tersangka Pembunuhan Brigadir Yoshua
Irjen Ferdy Sambo dan Brigadir J (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Polri enggan membuka motif utama penembakan terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. Motif penembakan hanya konsumsi bagi penyidik.

"Untuk menjaga perasaan semua pihak, biarlah (motif pembunuhan berencana Brigadir J) jadi konsumsi penyidik," ujar Komjen Agus kepada wartawan sebagaimana dilansir dari detikNews, Rabu (10/8/2022).

Agus mengatakan motif tersebut kemungkinan akan terbuka di persidangan.


"Nanti mudah-mudahan (motif) terbuka saat persidangan," tuturnya.

Soal motif ini juga sempat disinggung Menko Polhukam Mahfud Md. Dia menyebut motif penembakan yang dilakukan Bharada E atas perintah Irjen Ferdy Sambo ini sensitif dan hanya bisa dikonsumsi orang dewasa.

"Soal motif, biar nanti dikonstruksi hukumnya karena itu sensitif, mungkin hanya boleh didengar oleh orang-orang dewasa," kata Mahfud dalam jumpa pers di Kemenko Polhukam sebagaimana dilansir dari detikNews, Selasa (9/8/2022).

Mahfud menyerahkan sepenuhnya kasus itu kepada Polri. Saat ini Timsus bentukan Kapolri masih bekerja terutama untuk mengungkap motif.

"Biar nanti dikonstruksi motifnya," ujar Mahfud.

Seperti diketahui Brigadir J tewas usai menerima sekitar 7 luka tembakan.. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (8/7) di rumah dinas Kadiv Propam Polri di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jaksel.

Empat orang jadi tersangka kasus tersebut. Selain Ferdy Sambo, tersangka lainnya yakni Bharada E, Bripka RR dan KM. Mereka dijerat pasal pembunuhan berencana.



Simak Video "Irjen Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)