Round-up

Misteri Tengkorak dan Penumpang Terakhir Ojek Salman di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Senin, 08 Agu 2022 07:30 WIB
Olah TKP di tempat penemuan tengkorak di Sukabumi.
Olah TKP di tempat penemuan tengkorak di Sukabumi. (Foto: Istimewa)
Sukabumi -

Misteri penemuan jasad Salman (35) seorang tukang ojek pangkalan di pertigaan Bagbagan akhirnya diungkap polisi. Jasad korban dibiarkan tergeletak di area perkebunan jati di Kampung Balewer, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas.

VS sang pelaku, berpura-pura menjadi penumpang korban yang akhirnya menghabisi nyawa ayah satu anak itu dengan satu tusukan menggunakan pisau yang sudah ia siapkan di dalam tas. Sepandai-pandainya VS bersembunyi, sejumlah petunjuk yang diperoleh polisi mengarah ke residivis sejumlah kasus kejahatan itu.

"Pelaku kita amankan dari Polsek Cisaat, terkait penemuan mayat di Kampung Balewer, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas. Pelaku inisial VS sebagai penumpang korban sekitar pukul 14.00 WIB, Sabtu (23/7)," kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah didampingi KBO Reskrim Ipda Ruskan dan Kanit Jatanras, Ipda Asep Sihriat, Minggu (7/8/2022).


Selain pelaku barang bukti berupa helm milik korban, kacamata pelaku dan pakaian korban turut diperlihatkan polisi.

"Kacamata ini milik pelaku dan ditemukan di lokasi kejadian, pada saat kejadian pelaku diketahui membawa pisau dan menusuk perut korban hingga mengenai tulang iga korban," ujar Dedy.

Jual Motor Korban Rp 4 Juta

Motif ekonomi melatar belakangi kasus pembunuhan tersebut, VS memang sudah mengincar motor korban sejak berpura-pura menjadi penumpang.

"Motifnya ekonomi karena yang bersangkutan diamankan di Polsek Cisaat dengan kasus penipuan, untuk masalah uang dan motor yang diambil dari korban Salman sudah digadaikan. Uang Rp 4 juta dipakai foya-foya," kata Dedy, Minggu (7/8/2022).

Polisi bisa mengungkap kasus tersebut setelah melakukan olah TKP sebanyak dua kali melibatkan tim gabungan dari Polda Jawa Barat dan pemeriksaan saksi.

"Kami bisa ungkap karena kami melakukan olah TKP kembali pada Kamis tanggal 4 Agustus 2022 yang mana kita melibatkan identifikasi polres tim lapangan polres, tim lapangan polda tim pemeriksa polres dan polsek untuk mengurai kejadian," ujar Dedy.

"Bahwa yang bersangkutan adalah tukang ojek di mana pangkalannya Bagbgan, kita menghitung dari waktu kejadian siapa yang naik atau yang menjadi penumpang di situ diketahui pada Jumat tanggal 5 kemudian melakukan pengejaran didapatkan di wilayah Cisaat," jelas Dedy.

Selanjutnya Berawal dari Minta Buang Air Kecil