Round-Up

Terbongkarnya Rayuan Doni Salmanan dan Saweran bagi Pesohor

Tim detikJabar - detikJabar
Kamis, 04 Agu 2022 20:15 WIB
Sidang perdana terdakwa kasus Quotex Doni Salmanan secara online di PN Bale Bandung
Sidang perdanan kasus Doni Salmanan. (Foto: Wisma Putra/detikJabar)
Bandung -

Doni Salmanan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung. Crazy rich asal Soreang, Kabupaten Bandung, dihadirkan atas kasus penipuan platform Quotex.

Sidang perdana Doni digelar online, Kamis (4/8/2022). Doni Salmanan ditampilkan lewat layar di ruang sidang dengan pakaian berwarna hitam. Dengan kepala nyaris plontos, ia hanya tersenyum mendengarkan dakwaan yang dibacakan jaksa.

Doni Salmanan sendiri menjalani sidang daring ini dari Rutan Jelekong. Kemudian perangkat persidangan mulai dari hakim, jaksa dan kuasa hukum berada di PN Bale Bandung.


Dalam sidang tersebut, modus Doni melakukan penipuan dibongkar jaksa. Doni melakukan trik dengan menarik calon korban lalu mengunggah konten video trading hingga pamer kekayaan.

"Cara ajakan terdakwa melalui akun YouTube 'King Salmanan' yaitu mengunggah beberapa konten video dengan mencantumkan link pendaftaran Quotex yang terafiliasi oleh akun afiliator Quotex milik terdakwa," ucap Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bale Bandung saat membacakan dakwaan di Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung, Kamis (4/8/2022).

Link pendaftaran untuk calon member tersebut didapat Doni Salmanan saat mendaftar sebagai afiliator. Adapun tercatat dalam dakwaan ada empat konten video yang diunggah Doni Salmanan untuk menarik minat calon member.

Video pertama yang diunggah pada 28 Mei 2021 berisi cerita Doni Salmanan mendapatkan keuntungan saat melakukan trading di Quotex. Kemudian pada 30 Mei 2021, Doni Salmanan juga mengunggah video dengan isi yang hampir sama dengan judul 'Trading Quotex pepfot 100 Jt menggunakan metode nyambang nur nyambung'.

"Video tersebut terdakwa mempraktikkan dan menjelaskan seolah-olah terdakwa mendapatkan keuntungan kemenangan trading sebesar Rp 100 juta," tuturnya.

Doni Salmanan juga mengunggah video tentang cerita pengalamannya mendapatkan profit Rp 4 miliar. Dalam video itu, Doni Salmanan memperlihatkan diri sedang medapatkan keuntungan besar.

Video terakhir berupa cerita kisah Doni Salmanan lagi. Dalam video yang ditayangkan juga di saluran televisi nasional itu, 'Crazy Rich Soreang' ini berbagi kisah dengan host salah satunya Irfan Hakim. Doni cerita soal modal awal Rp 280 ribu hingga menjadi milliarder.

"Adapun tujuan terdakwa dalam membuat dan menyebarkan konten video yang mengandung berita bohong dan menyesatkan tersebut untuk menaikkan subscriber dan agar orang-orang merasa tertarik lalu mendaftar sebagai member Quotex melalui link yang telah diberikan terdakwa. Sehingga terdakwa mendapatkan keuntungan," tutur JPU.

Jaksa juga turut mengungkap awal mula Doni menjadi afiliator platform Quotex. Doni Salmanan mendaftar pada Maret 2021 ke platform Quotex, yang diketahui merupakan perusahaan platform broker dengan sistem binary option menyerupai trading.

"Terdakwa mendaftar dengan akun pada Quotex yaitu King Salmanan," ucap JPU.

Selain mendaftar sebagai member, Doni Salmanan juga ikut mendaftar sebagai afiliator. Afiliator sendiri merupakan bentuk kerja sama dengan Quotex untuk mengajak dan mempromosikan Quotex kepada orang-orang agar tertarik mendaftar sebagai member dan mendepositokan dananya.

Usai mendaftar sebagai afiliator, Doni akan mendapatkan link pendaftaran. Link pendaftaran itu nantinya akan diberikan Doni Salmanan kepada orang-orang yang mau membuat akun Quotex.

"Bahwa tujuan terdakwa dalam mendaftar sebagai afiliator Quotex yaitu untuk mendapatkan keuntungan dari setiap orang yang berhasil diajaknya untuk bermain di platform Quotex," kata JPU.

Jaksa menjelaskan keuntungan didapat afiliator dengan cara revenue share model yang mana keuntungan tersebut bisa didapat apabila afiliator berhasil membuat orang mendaftar akun pada Quotex dan mendepositokan uangnya.

Maka afiliator akan diberikan pembagian keuntungan dari keuntungan yang didapatkan Quotex yang besarnya telah ditentukan oleh Quotex.

Adapun besaran yang bisa didapat sebagai afiliator yakni 50 persen dari keuntungan yang diterima Quotex. Namun hal itu berlaku apabila afiliator mampu mengajak 1 sampai 14 orang mendaftar.

"Begitupun juga jika afiliator bisa lebih banyak lagi berhasil mengajak orang untuk membuat akun pada Quotex melalui link pendaftaran yang afilitor berikan maka afiliator akan mendapatkan persentase keuntungan yang lebih besar lagi.

Selain metode revenue share model, afiliator juga dapat memilih keuntungan dengan cara turnover share model. Cara ini dilakukan apabila afiliator berhasil mengajak beberapa orang membuat akun pada Quotex melalui link yang diberikan.

Model ini memungkinkan afiliator mendapat keuntungan dari setiap akun yang mendaftar tanpa mempengaruhi menang dan kalahnya akun tersebut.

"Dari dua jenis pembagian keuntungan untuk afiliator tersebut, diketahui terdakwa memilih metode turnover share model dikarenakan terdakwa dapat melihat transaksi yang dilakukan oleh member di bawah afiliasi terdakwa. Juga mendapat keuntungan lebih besar yang akan terdakwa terima dari transaksi omzet yang dilakukan oleh member di bawah afiliasi terdakwa," kata JPU.

Kerap Beri Saweran untuk Pesohor

Di sisi lain, Doni juga terungkap kerap memberi saweran kepada sejumlah pesohor di Tanah Air. Deretan tokoh dan artis di Indonesia turut kecipratan uang dari Doni Salmanan sebagai afiliator Quotexyang bisa meraup keuntungan hingga Rp 40 miliar.

"Terdakwa juga pernah memberikan sejumlah uang kepada kalangan artis Tanah Air dan pihak lain," ujar Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bale Bandung saat membacakan dakwaan di Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung, Kamis (4/8/2022).

Sejumlah nama yang disebut jaksa mulai dari Rizky Febian, Reza Arap, Rizky Billar, hingga Atta Halilintar. Pemberian kepada Rizky Febian ini sebesar Rp 400 juta.

"Diperuntukkan untuk pembelian atas kegiatan lelang minuman yang diracik oleh saksi di mana dana hasil lelang tersebut dipergunakan untuk kegiatan donasi kepada masyarakat yang membutuhkan," tutur jaksa.

Selain itu, Doni Salmanan juga memberikan duit Rp 1 miliar kepada Reza Oktavian atau Reza Arab. Uang yang diberikan dilakukan saat streaming game.

Doni Salmanan juga memberikan uang kepada Muhammad Rizky atau Rizky Billar. Duit sebesar Rp 10 juta diberikan Doni Salmanan saat pedangdut itu menikah dengan Lesti Kejora.

"Untuk sumbangan terdakwa yang diberikan kepada saksi Muhammad Rizky pada saat melangsungkan resepsi pernikahan," kata jaksa.

Kemudian pemberian barang juga dilakukan oleh Doni Salmanan. Tas merek Dior diberikan Doni Salmanan kepada Muhammad Attamimi J atau Atta Halilintar.

Berikut rincian sawer dari Doni Salmanan ke pesohor :

1. Rizky Febian Rp 400 juta
2. Reza Oktavian (Reza Arab) Rp 1 miliar
3. Muhammad Rizky atau Rizky Billar Rp 10 juta.
4. Bambang Trenggono (Jabar Quick Respons) Rp 1,5 M
5. Auwalur Rizqi Al Firori Rp 497.711
6. Zaenal Mutaqin Rp 1 miliar
7. Muhammad Attamimi J atau Atta Halilintar 1 tas Dior.

Modal Kawin

Karena meraup cuan besar dan untung miliaran, Doni Salmanan bisa menggunakan uang tersebut untuk beli barang mewah. Selain itu, Doni menikahi istrinya Dinan Nurfajrina Fauzan setelah ia menjadi afiliator dan menyandang gelar 'Crazy Rich Soreang'.