Aksi Pasutri Berbagi Peran Gasak Motor Terpakir di Karawang

Yuda Febrian Silitonga - detikJabar
Sabtu, 30 Jul 2022 02:30 WIB
Pasutri pencuri motor di Karawang
Pasutri pencuri motor di Karawang (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikJabar)
Karawang -

Pasangan suami istri (Pasutri) di Karawang terpaksa meringkuk di bui. Keduanya ditangkap usai bersama-sama melakukan aksi pencurian sepeda motor (curanmor).

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono menuturkan penangkapan pasangan suami istri begal bermula dari laporan warga yang kehilangan kendaraannya saat memakirkan kendaraannya untuk mengambil uang di ATM. Aksi mereka terekam CCTV hingga berhasil diidentifikasi polisi.

"Tidak lama setelah identitasnya terungkap, kami langsung bergerak menangkap istrinya di kediamannya di Cilamaya yang sehari-hari berprofesi sebagai ibu rumah tangga, dan kemudian suaminya," kata Aldi di Mapolres Karawang, Jumat (29/7/2022)


Adapun identitasnya, K (33) sebagai suami dan istrinya berinisial E (42). Saat beraksi, keduanya berbagi peran. Sang istri kebagian peran sebagai joki yang mengendarai motor. Sedangkan suaminya berperan sebagai pemetik yang menggasak motor milik para korban.

"Keduanya ini sudah 10 kali beraksi di wilayah Kecamatan Cilamaya dan Klari," ujarnya.

Suami istri ini melakukan aksinya setelah maghrib dengan mencari sasaran kendaraan sepeda motor yang ditinggal lengah oleh pemiliknya. Dari pengakuannya, hasil kejahatan ini digunakan untuk kebutuhan ekonominya.

"Modus operandinya mereka mencari pengendara yang lengah dan kemudian mencurinya, dan hasil pencurian itu dijual ke penadah untuk kebutuhan ekonomi sehari-harinya," ucapnya.

Suami istri ini akhirnya terjerat pasal 363 KUHPidana. Mereka terancam hukuman hingga tujuh tahun penjara.



Simak Video "4 Orang Komplotan Curanmor Bandung Diamankan, 15 Motor Disita"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)