Ladang di Gunung Karuhun Cianjur Pernah Panen 3 Kilo Ganja

Ismet Selamet - detikJabar
Jumat, 29 Jul 2022 11:23 WIB
Polisi ungkap ladang ganja di Gunung Karuhun Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur
Foto: Ikbal Selamet/detikJabar
Cianjur -

Ladang ganja di Gunung Karuhun, Kecamatan Campaka, Cianjur ternyata sudah pernah panen. Dari panen perdana, para pelaku mendapatkan hasil sekitar 3 kilogram ganja kering.

Kasat Narkoba Polres Cianjur AKP Maruf Murdianto, mengatakan dari keterangan tersangka H (27), tersangka penanam ladang ganja yang berhasil ditangkap beberapa hari lalu terungkap jika ratusan barang ganja yang diamankan merupakan penananaman kedua.

Menurutnya dalam panen pertama, kadang ganja tersebut menghasilkan sekitar 3 kilogram ganja kering siap edar.


"Dari keterangan tersangka begitu, panen pertama itu ujicoba tapi sudah bisa menghasilkan sekitar 3 kilogram ganja. Kemudian ditanam lagi kedua kalinya dengan titik dan jumlah tanaman yang lebih banyak untuk menghasilkan ganja lebih banyak," kata dia, Jumat (29/7/2022).

Namun Maruf mengaku belum mendapatkan info lebih lanjut terkait distribusi ganja dari panen pertama.

"Tersangka yang kami amankan berperan menyiapkan bibit dan menanam. Untuk distribusi atau penjualan dia (pelaku) mengaku tidak tahu, karena itu bagian dari rekannya yang lain," kata dia.

Dia mengatakan polisi akan akan memburu pada pelaku lainnya yang masih buron untuk mengungkap jaringan penjualan ganja dari ladang Gunung Karuhun.

"Kita akan tangkap dulu pelaku lainnya untuk mengungkap kasus ini, memastikan kemana distribusi penjuakan ganjanya. Kita upayakan agar bisa mengungkap jaringan besar pengedar narkoba dari kasus ladang ganja Gunung Karuhun ini," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, H (27) salah seorang tersangka kasus kadang ganja di Gunung Karuhun, Cianjur berhasil ditangkap usai sebulan buron. Polisi pun masih memburu lima pelaku lainnya.



Simak Video "2 Hektar Ladang Ganja Siap Panen di Aceh Besar Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)